Sukses

Massa Tak Dikenal Juga Bakar Masjid Ahmadiyah di Tasikmalaya

Sejumlah barang seperti sajadah dan kitab yang disimpan di dalam masjid musnah terbakar.

Massa tak dikenal tidak hanya menyerang rumah-rumah warga Ahmadiyah di Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Mereka juga membakar sebuah masjid Ahmadiyah di Kampung Babakan Sindang, Desa Cipakat, Kecamatan Singaparna.

Sejumlah barang seperti sajadah dan kitab yang disimpan di dalam masjid musnah terbakar. Bagian bangunan masjid juga hangus terbakar.

Salah seorang warga setempat, Asep Rahmat (45) mengatakan, kericuhan terjadi pada pukul 03.30 Wib. "Awalnya saya melihat ada puluhan orang datang pakai motor lalu melempari batu ke arah masjid," kata Asep, Minggu (5/5/2013).

Menurut Asep, sejumlah rumah warga di sekitar masjid juga mengalami kerusakan pecah kaca. Sejumlah perabotan di dalam rumah warga juga rusak. Polisi, kata dia, tampak kesulitan mengendalikan aksi massa tersebut.

Tidak ada korban jiwa maupun warga yang terluka akibat serangan ini. Namun, warga sekitar sempat ketakutan sambil melihat kelompok orang tak dikenal itu dari kejauhan.

"Warga di sini hanya melihat dari kejauhan saja. Korban jiwa sepertinya tidak ada hanya kerusakan saja," kata Asep yang saat kejadian sedang melakukan ronda malam bersama warga lainnya.

Sebelumnya, massa tak dikenal juga melakukan aksi penyerangan dan perusakan masjid dan rumah warga Jamaah Ahmadiyah di Kampung Kutawaringin, Desa Tenjowaringin, Kecamatan Salawu, sekitar pukul 01.00 Wib. Akibat penyerangan itu, kaca masjid dan rumah warga pecah dilempari batu oleh kelompok orang tersebut.

Kedatangan massa itu karena sebelumnya ada aktivitas pengajian di masjid Ahmadiyah Kecamatan Salawu, sejak Jumat 3 Mei dan Sabtu 4 Mei 2013. (Ant/Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.