Sukses

Menteri Demokrat Jadi Caleg Karena Jam Terbang Tinggi

Partai Demokrat menilai pencalegan para menteri itu wajar. Alasannya, sebagai menteri, kader Demokrat memiliki kualitas dan jam terbang yang lebih.

Hampir semua menteri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mendaftarkan diri menjadi caleg. Dari sekian banyak yang mendaftar, menteri dari Partai Demokrat terbanyak menjadi caleg.

Partai Demokrat menilai pencalegan para menteri itu wajar. Alasannya, sebagai menteri, kader Demokrat memiliki kualitas dan jam terbang yang lebih, sehingga dapat digunakan ketika menjadi anggota legislatif.

"Banyaknya caleg menteri karena Demokrat termasuk partai yang belum mempunyai kader yang memiliki jam terbang di eksekutif," terang Ketua DPD Aceh Demokrat Teuku Riefky Harsya, di Gallery Cafe, Jakarta Pusat, Minggu (5/5/2013).

Menurut Riefky, tidak ada peraturan yang melarang menteri agar tidak mendaftar menjadi anggota legislatif pada pesta demokrasi 2014 mendatang. Apalagi, Demokrat menganggap kader yang duduk di kabinet itu termasuk kader unggulan. "Selama tidak memakai fasilitas negara untuk pemilu 2014," ucapnya.

Riefky juga melanjutkan, dalam menentukan caleg yang mewakili partai berlambang mercy itu, Majelis Tinggi Partai Demokrat turut berkonsultasi dengan 33 DPD. "Menteri Demokrat yang nyaleg punya kualitas," katanya.

Sebelumnya, Lembaga Pemilih Indonesia (LPI) menilai apabila menteri ikut menjadi caleg, maka akan terjadi spoil system (pengrusakan demokrasi). LPI menilai menteri yang jadi caleg sangat tidak etis.

"Karena mereka telah diangkat untuk mengurusi pemerintahan dan melayani seluruh rakyat," ucap Direktur LPI Boni Hargens, di Gallery Cafe, Jakarta Pusat, Minggu (5/5/2013). (Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini