by

VIDEO: Hadapi UN, Anak Pedalaman Siap Bersaing

  • Peristiwa
  • 0
  • 05 Mei 2013 06:22
Mulai Senin 6 Mei akan digelar Ujian Nasional (UN) tingkat sekolah dasar. Bagaimana persiapan sejumlah siswa yang harus belajar dalam kondisi serba terbatas. Seperti suku anak dalam di Jambi dan daerah terpencil lain.

Menyusuri kawasan hutan Taman Nasional Bukit 12 Jambi, di sanalah anak-anak dari suku anak dalam berada. Dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Minggu (5/5/2013), mereka menembus jalan setapak sejauh 15 kilometer. Mereka bukan untuk mencari kayu, tapi untuk belajar menyiapkan UN.

Meski merasa tidak adil, soal UN sama dengan mereka yang di kota besar, anak-anak dari suku anak dalam di Jambi ini tetap semangat meraih mimpi. 2 Jam perjalanan Bismar dan teman-temannya sampai di sekolah sederhana ini.

Suku anak dalam ini bukan siswa biasa. Dibutuhkan kesabaran mengajar mereka. Hal itu diakui Kepala SD 191 Pematang Kabau Ade Irma Suryani.

Lain suku anak dalam, berbeda pula siswa di Salatiga, Jawa Tengah. Tak ada tempat belajar bersama, maka halaman masjid pun bisa dimanfaatkan. Mereka menyiapkan UN dengan baik.(Ais)
Comments
Sign in to post a comment