Sukses

VIDEO: KNKT Selidiki Jatuhnya Pesawt Husky di Ciamis

Terbaliknya pesawat latih Cessna 172 SP mulai diselidiki Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT).

Terbaliknya pesawat latih Cessna 172 SP mulai diselidiki Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT). Hasil pemeriksaan akan jadi sumber informasi untuk mengetahui penyebab kecelakaan.

Tim KNKT tiba di Bandar Udara Nusawiru, Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (4/5/2013), bersama tim otoritas Bandara Soekarno Hatta. Mereka langsung menuju lokasi jatuhnya pesawat Cessna.

Petugas dari KNKT kemudian memeriksa pesawat yang tertutup terpal. Saat penutup dibuka terlihatlah kerusakan pesawat naas itu. Antara lain di depan, sayap, serta ekor yang hancur. Petugas juga mencari dan mencatat fakta yang didapat.

"Saya belum bisa menyimpulkan karena kami punya waktu setahun, (menurut) undang-undangnya," ucap Chaerudin, tim KNKT.

Pesawat latih jenis Cessna 172 SP yang diterbangkan pilot taruna Rudi Herwin Cahyadi tergelincir Jumat 3 Mei pagi. Saat itu pesawat sedang dalam penerbangan latihan dari Bandung menuju Pangandaran.

Saat melakukan latihan touch and go, pesawat tergelincir dan langsung terlempar ke pinggir lintasan 7 Bandara Nusawiru. Beruntung Rudi tidak terluka serius.

Salah satu hal yang menjadi pertanyaan adalah, pesawat itu diterbangkan hanya oleh pilot taruna tanpa didampingi instruktur.(Ais)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.