Sukses

Caleg Demokrat, Andi Nurpati: Artis Cuma Yenny Rahman

Wakil Sekretaris Jenderal Demokrat Andi Nurpati menyatakan Partai Demokrat tidak banyak merekrut artis untuk menjadi calon legislatif.

Wakil Sekretaris Jenderal Demokrat Andi Nurpati menyatakan Partai Demokrat tidak banyak merekrut artis untuk menjadi calon legislatif, selain dari artis yang sudah menjadi anggota DPR periode sebelumnya.

"untuk PD sendiri artis baru cuma Yenny Rahman, yang lain incumbent. Jadi relatif sudah belajar berpolitik, makanya kita ikut penjaringan bakal caleg ini melaui proses dan mekanisme," kata Andi dalam diskusi 'Bukan Caleg Biasa' di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu, (4/5/2013).

Dia menjelaskan, ada beberapa artis yang duduk di DPR dan kembali maju seperti Ruhut Sitompul dan Venna Melinda. Karena para incumbent tersebut mendapat prioritas dari partai berlambang mercy ini.

"Pertimbangan incumbent diprioritaskan maju karena sudah keputusan dan kewajiban untuk maju lagi. Seperti Ruhut dan Venna melinda, lalu ada Anwar Fuadi yang sebenarnya juga pendiri," ujarnya.

Komposisi caleg Partai Demokrat, lanjut Andi, terdiri dari beberapa komponen, seperti dari DPP, incumbent, kader daerah, organisasi sayap, kader non-partai, dan tokoh masyarakat.

"Dari 148 anggota DPR, ada 13 orang yang tidak mendaftar kembali. Mereka memutuskan mundur karena faktor usia dan kesehatan," jelasnya.

Dia menuturkan, kalau dulu mekanisme Partai Demokrat dalam penjaringan caleg saat ini berbeda. Kini pihaknya menggunakan survei. Survei dilakukan untuk melihat elektabilitas bakal calon imcument masuk, tinggal meraih daerah pemilihannya dan ditaruh dapilnya masing-masing.

"Tentu kalau ada 1 hingga 2 yang ingin pindah harus ada hal bisa dipertanggungjawaabkan," ucap Andi.

Dalam perekrutan caleg, partai besutan SBY itu memiliki 6 komponen, seperti dari Incumbent 25 persen, DPP 30 persen, DPD-DPC 25 persen, dan tokoh masyakarat 15 persen.

"Kita meminta penilaian bakal caleg dan kinerja mereka oleh Ketua Fraksi Partai Demokrat. Secara umum artis-artis ini juga telah menjalankan tupoksinya," pungkas Andi. (Frd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini