Sukses

Jokowi Tonton Nikah Massal di Bali, Pengantin Senang

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menyaksikan akad nikah massal yang diselenggarakan Yayasan Al-Rohman Palapa, Kota Denpasar.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo atau Jokowi menyaksikan akad nikah massal yang diselenggarakan Yayasan Al-Rohman Palapa, Kota Denpasar. Pasangan pengantin mengaku senang bisa melansungkan janji sucinya secara resmi.

Nikah massal tersebut diikuti 53 pasangan pengantin dari Kota Denpasar dan sekitarnya, yang selama ini belum melangsungkan akad nikah secara resmi.

Jokowi mengatakan, dirinya mendukung ada kegiatan seperti ini. Acara ini juga mendorong warga yang selama ini tidak bisa melangsungan nikah secara perorangan, tapi bisa dilakukan secara massal.

"Kegiatan ini bagian dari menumbuhkan sikap sosial, sehingga warga yang kurang mampu bisa melangsungan pernikahan," ujar Jokowi di Denpasar, Sabtu (4/5/2013).

Pada kesempatan tersebut turut hadir Walikota Denpasar Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra, Wakil Walikota IGN Jayanegara serta beberapa pengurus PDIP Bali dan Kota Denpasar.

Walikota Rai Mantra menyambut baik kegiatan nikah massal tersebut, karena dengan kebersamaan ini akan dapat menghemat biaya pernikahan.

"Secara hukum agama dan hukum negara dibenarkan melaksanakan acara pernikahan massal tersebut. Sehingga pasangan nikah yang belum sempat melangsungkan pernikahan maka pada saat ini bisa disahkan," katanya.

Marsono dan Salamah, pasangan pengantin itu mengaku senang dan terharu bisa melangsungkan pernikahan ini. "Saya merasa bersyukur bisa melangsungkan pernikahan, walau saya cukup lama sudah nikah. Namun secara resmi akad nikah baru saya ucapkan," kata Marsono.

Dalam kegiatan tersebut terjadi fenomena cukup unik, karena beberapa pasangan nikah ada yang sudah punya anak dewasa, sehingga ketika mengucapkan akad nikah juga disaksikan anak-anaknya.

Jokowi Jadi Jurkam

Selama 2 hari, Sabtu 4 Mei dan Minggu 5 Mei 2013, Jokowi berada di Bali. Bukan untuk pelesiran, melainkan menjadi juru kampanye pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bali yang diusung PDIP, yakni Anak Agung Ngurah Puspayoga-Dewa Nyoman Sukrawan.

"Besok beliau (Jokowi) akan menjadi Jurkam di Bali," kata Wakil Sekjen DPP PDIP Hasto Kristianto, Jumat 3 Mei. (Ant/Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.