Sukses

Ayu Azhari Kembalikan Rp 20 Juta dan US$ 1.800 ke KPK

"Uang itu pemberian AF (Ahmad Fathanah) untuk manggung di suatu tempat," kata Juru Bicara KPK Johan Budi.

Artis Ayu Azhari yang menjadi saksi untuk tersangka kasus suap impor daging Ahmad Fathanah kembali mendatangi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Aktris mantan istri vokalis White Lion Mike Tramp itu mengembalikan uang sebesar Rp 20 juta dan US$ 1.800 atau setara Rp 17,5 juta pemberian Ahmad Fathanah kepada KPK.

"Ayu bukan diperiksa, tapi dia kembalikan uang Rp 20 juta dan US$ 1800 US. Uang itu pemberian AF (Ahmad Fathanah) untuk manggung di suatu tempat," kata Juru Bicara KPK Johan Budi di Jakarta, Jumat (3/5/2013).

Ia menjelaskan uang itu adalah untuk pembayaran jasa Ayu Azhari yang rencananya akan dijadikan juru kampanye Partai Keadilan Sejahtera. Tapi, acara itu ternyata tidak jadi.

"Tapi setelah ditunggu-tunggu gak jadi (manggung). Jadi akhirnya dikembalikan," jelas Johan.

Karena itu, Johan mengatakan alasan penyidik lembaganya meminta keterangan dari Ayu Azhari lantaran pemilik nama lengkap Siti Khadijah Azhari itu pernah menerima uang yang diduga berkaitan dengan suap impor daging sapi.

"Jadi intinya ada keterangan Ayu pernah dikasih uang oleh AF. Tapi waktunya kapan saya tidak tahu," imbuh Johan.

Ia menambahkan lembaganya tidak hanya berhenti pada Ayu Azhari sebagai pihak yang diduga pernah menerima uang dari Ahmad Fathanah. Pihak-pihak lain yang diduga menerima pemberian dari AF yang merupakan kolega Presiden PKS Luthfi Hassan Ishaq itu juga akan terus dikembangkan.(Adi)


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini