Sukses

Jokowi Belum Pastikan Jadi Jurkam Cagub PDIP di Pilgub Bali

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo belum memastikan apakah akan menjadi jurkam pasangan cagub yang diusung PDIP di Pilgub Bali 2013.

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi) direncanakan menjadi juru kampanye pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bali, Anak Agung Ngurah Puspayoga-Dewa Nyoman Sukrawan, Sabtu (4/5) besok. Hal itu ditegaskan Sekjen DPP PDIP, Hasto Kristianto.

Namun, Jokowi sendiri belum memastikan apakah dirinya akan terbang ke Bali menjadi jurkam bagi pasangan yang diusung partainya itu. "Ngapain ke Bali? Jurkam apa lagi? Apa iya? Belum tahu jadi atau ndak," ujar Jokowi saat ditemui di Balai Kota, Jakarta, Jumat (3/5/2013).

Selain Jokowi, terdapat beberapa jajaran fungsionaris PDIP yang akan membantu kampanye pasangan dengan slogan PAS tersebut. Di antaranya Puan Maharani, Tjahjo Kumolo, I Made Urip, Rano Karno, Rieke Diah Pitaloka, Ribka Tjiptaning, Maruarar Sirait, Pramono Anung, Nico Siahaan, Edo Kondologit, dan Richard Sambera.

Ada dua pasangan yang akan bertarung dalam Pilgub Bali 2013 yang merupakan pasangan petahana. Pastika sebagai Gubernur Bali dan Puspayoga adalah wakilnya. Pada Pilgub 2008 lalu keduanya diusung PDIP, tapi dalam pilgub kali ini mereka memilih 'bercerai' dan maju dengan kendaraan politik masing-masing.

Dalam Pilgub kali ini Pastika diusung 8 parpol koalisi di antaranya Golkar, Demokrat, Hanura, dan Gerindra. Sementara Puspayoga yang merupakan kader PDIP tetap diusung partai moncong putih tersebut.(Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.