Ayu Azhari Dicecar KPK Terkait Aliran Dana Ahmad Fathanah

By Sugeng Triono

on May 03, 2013 at 17:01 WIB

KPK terus mendalami kasus dugaan tindak pidana pencucian uang pada suap pengurusan kuota impor daging sapi di Kementerian Pertanian dengan tersangka Ahmad Fathanah. KPK telah memeriksa artis Ayu Azhari sebagai saksi dalam kasus itu.

Hal itu diakui Ayu Azhari yang sempat diperiksa mengenai adanya aliran dana dari Ahmad Fathanah, orang dekat mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq. Menurut Ayu, saat diperiksa KPK pada Rabu 1 Mei 2013 selama 7 jam, dirinya sudah menerangkan mengenai keterlibatannya pada kasus tersebut.

"Iya karena juga ditanyakan mengenai sirkulasi uang," kata Ayu Azhari di gedung KPK, Jakarta, Jumat (3/5/2013).

"Untuk itu saya datang ke sini (KPK) untuk memberikan dokumen rekening saya. Ini inisiatif saya bukan dipanggil KPK. Jadi memang KPK memanggil karena ada bukti SMS, bukti telepon, dan ada pertemuan sehingga perlu ditindaklanjuti, didalami oleh KPK," lanjut dia.

Sebelumnya, beredar kabar bahwa ada sejumlah uang yang mengalir ke Ayu Azhari dari Ahmad Fathanah. Namun, belum diketahui apa maksud dan tujuan pemberian uang tersebut.

Ahmad Fathanah juga disebut pernah memberikan uang sebesar Rp 10 juta kepada Maharani Suciyono. Uang tersebut merupakan sebagian kecil dari uang sebesar Rp 1 miliar yang rencananya akan menjadi uang suap untuk Luthfi Hasan Ishaaq.

Uang sebesar Rp 10 juta itu ditemukan dalam tas milik Maharani saat Operasi Tangkap Tangan yang dilakukan KPK beberapa waktu lalu di Hotel Le Meridien. (Mut)
Suka artikel ini?
Sugeng Triono
Sugeng Triono

  Full bio »

0 Comments