Sukses

Pihak Susno: Kalau Begini, Tak Ada yang Mau Jadi Whistle Blower

Kuasa hukum Susno menyatakan, ini merupakan potret buruk buat keberadaan whistle blower. Di negara lain, whistle blower dilindungi.

Setelah dikunjungi Sekjen Partai Bulan Bintang (PBB) BM Wibowo, Susno Duadji disambangi pengacaranya, Firman Wijaya, di Lapas Cibinong, Jawa Barat.

Menyangkut eksekusi, Firman menyatakan, ini merupakan potret buruk buat keberadaan whistle blower. "Ini ironis. Di negara lain, whistle blower dilindungi. Kalau begini, gak akan ada yang mau menjadi whistle blower," kata Firman.

"LPSK mestinya hadir untuk memberikan perlindungan. Di sini, konsep perlindungan menjadi tidak jelas. Ini potret buram," katanya.

Firman mengatakan, hingga saat ini pihaknya belum mengetahui mengapa Susno lebih memilih ditahan di Lapas Cibinong, ketimbang di Lapas Sukamiskin, Bandung. "Kami belum tahu. Kami ke sini untuk lihat kondisi beliau dulu," kata Firman di Cibinong, Jumat (3/5/2013).

"Soal keamanan di dalam, kami percaya beliau akan aman. Beliau itu warga negara yang baik. Mudah diterima," ujar Firman.

Susno menyerahkan diri pada Kamis (2/5/2013) malam ke Lapas Cibinong setelah beberapa hari masuk Daftar Pencarian Orang (DPO). (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini