Sukses

Pertama Dalam Sejarah! 2 Paus Hidup Berdampingan di Vatikan

Sebelumnya belum pernah ada paus yang sedang berkuasa saat ini tinggal berdampingan dengan paus pendahulunya di Vatikan.

Paus Benediktus XVI yang posisinya telah digantikan oleh Paus Fransiskus kini kembali ke Vatikan pada masa pensiunnya. Kembalinya Benediktus ke Vatikan tentu saja membuat negeri kecil itu memiliki 2 Paus, meski yang sedang menjabat saat ini adalah paus Fransiskus I.

Seperti dimuat VOA News, Jumat (3/5/2013), momen itu merupakan yang pertama kalinya terjadi dalam sejarah. Sebab selama ini belum pernah ada paus yang saat ini menjabat tinggal berdampingan dengan paus pendahulunya di negara kecil itu.

Paus Fransiskus pun menyambut Benediktus pada Kamis 2 Mei waktu setempat, di luar rumah pensiun baru yang akan ditempati Benediktus. Bangunan itu merupakan sebuah biara yang diubah fungsinya dan terletak dekat gereja St Petrus di Basilika. Setelah bersua, keduanya pun kemudian masuk ke dalam untuk berdoa bersama.

Berita tentang Paus Benediktus bergelar emeritus yang hidup bertetangga dengan Paus Fransiskus itu pun hanya boleh dimuat secara resmi oleh media Vatikan saja. Namun media-media tersebut tetap tak diperbolehkan untuk membuat rekaman kegiatan kedua paus itu.

Paus Benediktus terlihat sangat lemah pada penampilan publik terakhirnya pada Maret lalu, ketika Paus Fransiskus mengunjunginya di sebuah acara gereja di bagian selatan Roma.

Di tempat itu pula Benediktus telah tinggal sejak ia mengundurkan diri sebagai Paus Vatikan pada 28 Februari, dan menjadi Paus pertama yang pernah mengundurkan diri pertama dalam sejarah.

Pejabat Vatikan mengatakan Paus Benediktus hanya menderita penyakit normal karena usia senja.

Meskipun terdapat 2 orang berpakaian putih yang tinggal di Gereja Vatikan, namun apartemen kepausan yang seharusnya ditempati Paus Fransiskus tetap kosong. Paus Fransiskus memilih untuk tetap tinggal di tempat yang lebih sederhana, di Vatikan Casa Santa Marta yang merupakan hotel yang pernah ditempatinya bersama para kardinal lain selama konklaf Paus pada Maret lalu. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.