Gangnam Style 'May Day' Polwan Surabaya Gelitik Dunia

  • Internasional
  • 0
  • 02 Mei 2013 12:50

gangnam-women-130502b.jpg

May Day atau Hari Buruh Internasional yang jatuh pada 1 Mei 2013 kemarin dirayakan serentak oleh para buruh sedunia, termasuk di Indonesia. Para serikat pekerja di Tanah Air turun ke jalan melancarkan aksi demonstrasi dan 'menggeruduk' sejumlah kantor pemerintah dan istana presiden.

Sama halnya dengan di Surabaya, para buruh beraksi menyalurkan aspirasi. Tapi aparat keamanan di Kota Pahlawan itu menghadang para buruh dengan cara berbeda. Polisi wanita (Polwan) berjoget Gangnam Style di sela-sela aksi protes sekaligus menghibur buruh tersebut.

Fenomena ini mengundang perhatian para buruh dan masyarakat Tanah Air. Bahkan dunia internasional pun menyorot aksi Gangnam Style. Sejumlah media luar negeri memberitakannya, seperti media terkemuka Prancis AFP, koran Vietnam Xaluan, portal berita Australia News.com.au, dan surat kabar Filipina Inquirer.

Dalam laporan AFP, disebutkan sekelompok polisi wanita melakukan pendekatan berbeda untuk meredakan ketegangan demo pada Hari Buruh di Indonesia, Rabu 1 Mei. Mereka menampilkan tarian Gangnam Style untuk menghibur para pengunjuk rasa.

"Ribuan demonstran di Kota Surabaya di Jawa Timur senang dikelilingi 80 wanita aparat keamanan bergoyang ala rapper PSY dari Korea Selatan," tulis AFP.

Media Xaluan menyebut, ribuan pengunjuk rasa di Surabaya bersorak gembira saat sekitar 80 polwan mengenakan kacamata hitam dan topi lalu menari Gangnam Style. "Banyak demonstran yang ikut menari melihatnya," tulis Xaluan.

Komandan polwan di tempat tersebut, Elly Wahyuningtyas mengaku ia dan rekan-rekannya telah berlatih Gangnam Style selama 3 hari. Dan apa yang telah ditampilkannya berhasil membuat para buruh terhibur.

"Mereka begitu senang dan begitu bersemangat melihatnya," sebut News.com.au.

Dalam lansirannya, Inquirer menulis, kondisi demo buruh di Surabaya menjadi berbeda dengan apa yang terjadi di Jakarta.

"Di Jakarta, dengan jumlah pengunjuk rasa yang mencapai 55 ribu orang, polisi tampak sangat marah menghadang para pekerja yang memprotes gaji yang minim dan kesejahteraan yang kurang," tulis media Filipina itu.

Buruh Jakarta Gangnam Style 

Joget Gangnam Style pada Hari Buruh juga terjadi di Jakarta. Tapi untuk di ibukota ini, yang berjoget adalah para buruh yang berdemo, bukan aparat.

Ribuan buruh yang berkumpul dari Bundaran Hotel Indonesia, 1 Mei, sudah berada di depan kompleks Istana Kepresidenan. Di depan Istana, massa buruh melakukan orasi sambil memutar musik dan berjoget Gangnam Style.

Alunan musik artis Korea, PSY, sudah diputar dari dalam mobil pengeras suara atau mobil komando. Mendengar lagu yang sangat populer itu, para buruh spontan meliukan gerakan Gangnam Style. Begitu piawai.

Tak hanya berjoget Gangnam Style, para buruh juga bergoyang dangdut. Setelah lagu Gangnam Style diputar, lanjut terdengar lagu dangdut dari pengeras suara. (Riz)

 

Terpopuler