Prajurit TNI AL Tangkis 'Serangan Bahaya Udara'

  • Citizen6
  • 0
  • 02 Mei 2013 08:13

130502lantamala1.jpg
Citizen6, Surabaya: Markas Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) melaksanakan pertahanan pangkalan dari bahaya serangan udara pesawat musuh.

Gelar pertahanan pangkalan tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan Latihan Gabungan (Latgab) TNI 2013 dan uji kekuatan pertahanan pangkalan (Hanlan) di Koarmatim, pada Rabu 1 Mei 2013.

Ketika terdengar suara sirene dari mobil Polisi Militer Angkatan Laut (Pomal) Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) V dan mobil patroli dari Batalyon Marinir Pertahanan Lantamal (Yomarhanlan) V, petugasnya berteriak dengan suara keras melalui pengeras suara kepada setiap prajurit yang dilewatinya.

"Perang tempur bahaya udara,,, Peragn tempur bahaya udara,,, Perang tempur bahaya udara agar seluruh personel mencari tempat perlindungan!," teriak petugas Pomal tersebut berulang-ulang.

Skenario dalam latihan disimulasikan pada pukul 13.00 WIB. Saat itu radar KRI Fatahillah-361 menangkap pergerakan dari udara yang mencurigakan mengarah ke Pangkalan TNI AL Koarmatim. Tidak lama kemudian tampak 2 buah pesawat terbang rendah mengelilingi pangkalan sambil melakukan penyerangan lewat udara. Pesawat tersebut itu pun diumpankan menjadi pesawat tempur musuh yang menyerang lewat udara.

Menindaklanjuti ancaman bahaya tersebut, jajaran Prajurit Yonmarhanlan V yang sedang bersiaga langsung merespon dengan menyiagakan persenjataan anti serangan udara. Mereka melancarkan tembakan-tembakan ke arah pesawat musuh dengan menggunakan meriam kaliber 37 MM, dan pertempuran pun tak dapat dihindarkan.

Akibat serangan udara musuh yang bertubi-tubi, akhirnya mengenai Haluan KRI Fatahillah-361 dan terjadi kebakaran hebat dilambung kirinya. Untuk memadamkannya dibutuhkan 3 unit mobil Pemadam Kebakaran Lantamal V. Pertempuran ini juga menyebabkan seorang Anak Buah Kapal (ABK) menjadi korban. Selanjutnya korban di evakuasi ke Rumah Sakit dr. Oepomo Lantamal V.

Demikian skenario Latihan Pertahanan Pangkalan dalam rangka Latihan Gabungan TNI 2013. (Penerangan Lantamal V/Mar)

Penerangan Lantamal V adalah pewarta warga.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan  lainnya ke citizen6@liputan6.com

Like this article?

0 likes & 0 dislikes


Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler