Sukses

VIDEO: Peringati May Day, Buruh Joget Dangdut

Di Karawang, selain menikmati hiburan, serikat pekerja setempat juga menyediakan hadiah untuk sejumlah buruh yang tidak ikut berdemo.

Sejumlah buruh angkut di Sunda Kelapa, Jakarta Utara, dan Kawarang, Jawa Barat, merayakan hari Buruh se-dunia. Bahkan di Karawang, selain menikmati hiburan, serikat pekerja setempat juga menyediakan hadiah untuk sejumlah buruh yang tidak ikut berdemo.

Sementara, suasana di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara, Rabu 1 Mei 2013, berbeda dibanding hari-hari biasa. Jauh berbeda dibanding aksi yang dilakukan buruh di sejumlah daerah pada peringatan hari buruh sedunia. Buruh yang bekerja sebagai kuli angkut ini tetap bekerja di pelabuhan, namun sambil menikmati musik dangdut.

Panggung yang disediakan pengelola pelabuhan yang bekerja sama dengan polisi ini bahkan berlangsung hingga malam hari. Mereka mengaku tidak perlu ikut berunjuk rasa di tengah teriknya matahari untuk menyampaikan tuntutan.

Kondisi yang sama berlangsung di lapangan Karang Pawitan, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, ratusan buruh dari berbagai serikat pekerja dan federasi tersebut menikmati hiburan dengan penampilan sejumlah artis Ibukota. Di saat jutaan buruh di berbagai daerah di Indonesia melakukan unjuk rasa memperingati hari buruh. Di Karawang para buruh justru berjoget ria.

Pantauan Liputan 6 SCTV, Saat hiburan tengah berlangsung, puluhan buruh dari aliansi lain mendatangi panggung hiburan. Namun, kedatangan mereka langsung dihadang polisi karena khawatir terjadi keributan.

Selain berjoget, pihak penyelenggara juga menyediakan sejumlah hadiah untuk para buruh. Menurut serikat pekerja setempat, mereka memilih tidak ikut berdemo karena hendak menyamakan persepsi antar-serikat pekerja terkait kesejahteraan yang dituntut buruh. (Tya/Frd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini