Sukses

VIDEO: Rayakan May Day, Buruh di Yogya Tutup Kawasan Malioboro

Dalam aksinya, ratusan buruh ini melakukan aksi teaterikal yang menggambarkan tuntutan buruh.

Hari Buruh Sedunia dirayakan sejumlah buruh dengan beragam aksi di sejumlah daerah Tanah Air. Bahkan peringatan May Day ini juga mengubah wajah sejumlah kota di Indonesia menjadi lautan buruh.

Liputan 6 SCTV, Rabu (1/5/2013) menayangkan, para buruh di Yogyakarta merayakan hari May Day dengan menutup kawasan wisata Malioboro. Dalam aksinya, ratusan buruh ini melakukan aksi teaterikal yang menggambarkan tuntutan penghapusan sistem kontrak, upah layak, dan jaminan kesehatan. Unjuk rasa kemudian dilanjutkan dengan orasi di Kantor DPRD DIY.

Sementara perayaan Hari Buruh di Medan, Sumatera Utara, diwarnai kericuhan. Ribuan buruh yang tergabung dalam Serikat  Buruh Seluruh Indonesia (SBSI) bentrok dengan ratusan petugas dari kepolisian Resort Pelabuhan Belawan. Semula para buruh akan memblokade jalan di Pelabuhan Belawan, namun polisi langsung menghadangnya.

Menurut polisi, aksi buruh ini tak memiliki izin sehingga harus dibubarkan secara paksa. Dalam membubarkan aksi, polisi juga mengamankan seorang provokator.

Tak hanya di Sumatera, perayaan May Day juga bergaung di Makassar, Sulawesi Selatan. Gabungan buruh dan mahasiswa di Makassar sempat terlibat salilng dorong dengan polisi dan anggota pamong praja saat pendemo berupaya menerobos masuk Kantor Gubernur Sulawesi Selatan untuk menyampaikan aspirasi. Akibatnya, pagar gedung pun rusak dan akhirnya mereka gagal menemui gubernur.

Di Surabaya, Jawa Timur, ribuan buruh membawa beragam atribut ke Gedung Grahadi. Mereka menuntut pemerintah segera menghapus sistem kerja outsourcing yang dinilai sangat merugikan para buruh.(Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini