Sukses

1.000 Buruh Sudah Berkumpul di Bundaran HI

Sekitar 1.000 buruh lengkap dengan atribut sudah bersiap menjalankan aksi. Massa yang berkerumun belum mengganggu arus lalu lintas.

Sekitar 1.000 buruh sudah berkumpul di kawasan Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta. Massa yang berasal dari berbagai organisasi serikat buruh itu membuat lalu lintas sedikit tersendat.

Pantauan Liputan6.com, konsentrasi massa buruh berada di Jalan Kebon Kacang, Jakarta Pusat, yang berada di antara Hotel Indonesia dengan Grand Hyatt, Rabu pagi (1/5/2013).

Sekitar 1.000 buruh lengkap dengan atribut sudah bersiap menjalankan aksi. Massa yang berkerumun belum mengganggu arus lalu lintas. Tersendatnya kendaraan karena pengguna jalan ingin melihat kerumunan massa. Akibatnya, kendaraan dari arah Jalan Jenderal Sudirman menuju Jalan MH Thamrin sedikit tersendat.

Sementara, massa yang sudah tiba di Bundaran Hotel Indonesia antara lain berasal dari Majelis Pekerja Buruh Indonesia, Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI),  Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia, dan Eleman non-konfederasi seperti Organisasi Pekerja Seluruh Indonesia OPSI), Federasi Serikat Buruh Independen (FSBI), dan Serikat Pekerja Tekstil, Sandang dan Kulit (SPTSK) Reformasi.

Massa terlihat sedang melakukan persiapan. Belum nampak orasi yang disuarakan ribuan buruh. Massa yang berkumpul tidak memakan bahu jalan. Karena sudah ada pagar betis dari pengamanan internal 'Garda Metal.'

Satu per satu bus besar berhenti dan menurunkan ratusan buruh. Jumlah massa terus bertambah. Bus-bus yang lewat kemudian menuju ke arah Lapangan Monas untuk mencari lokasi parkir.

Badan Pekerja MPBI, Muhamad Rusdi mengatakan massa masih menyatukan barisan dan belum bergerak lantaran menungu rekan-rekan buruh dari daerah lainnya. "Kami masih menungu dari Bekasi, Tangerang dan Bogor. Kira-kira jam 10.30 WIB bergerak ke Istana dan 6 Kementerian dan DPR," kata Rusdi ditemui liputan6.com di Bundaran HI. (Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini