Sukses

FSBI Jemput Buruh di 3 Perusahaan, Ada yang Dijaga Preman

Mereka dijemput untuk ikut 'berpesta' merayakan hari buruh sedunia.

Demo yang akan dilakukan 4.700 buruh di depan Gerbang Kawasan Berikat Nusantara (KBN) Cakung, Cilincing, Jakarta Utara pada mulai pukul 09.00 WIB, diwarnai dengan penjemputan buruh yang masih bekerja di 3 perusahaan. Mereka dijemput untuk ikut 'berpesta' merayakan hari buruh sedunia.

"Iya, kita jemput di PT Maulat, PT MBI dan PT Hansai. Tapi kawan kita sudah mengerti kok dan mereka setuju untuk ikut," kata Bayu Murnianto selaku Presiden FSBI (Federasi Serikat Buruh Indonesia) di KBN Cakung, Cilincing, Jakarta Utara, Rabu (1/5/2013).

Menurut Bayu, prosesi penjemputan para buruh yang masih bekerja di beberapa perusahaan tersebut tidak mengalami kendala. Meskipun ada 1 perusahaan yang dijaga oleh beberapa preman.

"Di PT Hansai dijaga oleh preman, tapi tidak bentrok ya. Sekalipun awalnya dihalangi. Saat ini buruh mencapai 3 ribu orang," jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga menyediakan 10 unit metromini untuk mengangkut anggotanya yang akan bergerak menuju Bundaran HI, Jakarta.

Sebelum menuju Jakarta dan bergabung dengan para buruh lainnya, Budi dan para buruh di kawasan tersebut pun melakukan orasi di depan gerbang KBN Cakung. Dalam orasinya, Budi memprotes keras perihal upah murah dan penangguhan upah.

"Tolak upah murah, tolak penangguhan upah, kita tidak mau dibiarkan lapar selama 1 tahun hanya karena upah kita ditangguhkan," teriak Budi. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini