Sukses

Djoko Suyanto: Susno Duadji di Youtube, Terus?

Djoko enggan memusingkan keberadaan Susno. "Lagi dicari."

Meski buron, mantan Kabareskrim Komjen (Purn) Susno Duadji muncul di dunia maya melalui Youtube. Dalam video berdurasi sekitar 15 menit, ia mengatakan bahwa ada satu menteri koordinator yang ikut campur karena mengomentari kasusnya.

Dalam video yang diunggah ke Youtube kemarin petang, Susno mengkritik seorang Menteri Koordinator. Disinyalir, sang menteri yang dimaksud adalah Menko Polhukam Djoko Suyanto.

"Susno? Di Youtube? Terus? Pekerjaan saya masih banyak. Saya nggak mau mikirin yang itu. Suruh Jaksa Agung sama Polisi ya," jawab Djoko Suyanto sambil lalu, di Hotel Bidakara, Jakarta, Selasa (30/4/2013).

Keberadaan Susno yang tidak diketahui pun menjadikannya salah satu buron yang diburu. Dalam kesempatannya bicara di video Youtube, Susno mengaku berada di wilayah Jawa Barat di tempat daerah pemilihannya.

Walau demikian, Djoko enggan memusingkan keberadaan Susno. "Lagi dicari," ketusnya kepada wartawan.

Dalam pernyataannya di Youtube, Susno mengatakan ada seorang Menko yang mencampuri urusan peradilan. Susno menilai kasus ini menjadi amburadiul.

"Ada seorang pejabat negara, seorang Menko memerintahkan Kapolri dan memerintahkan Jaksa Agung untuk mengeksekusi saya. Saya kira ini sudah amburadul hukum di negara ini. Tugas seorang menteri tidak boleh mencampuri urusan peradilan," jelas Susno dalam tayangan di Youtube.

Susno merupakan terpidana kasus korupsi penanganan perkara PT Salmah Arowana Lestari (SAL) dan kasus dana pengamanan Pemilukada Jawa Barat 2008. Ia dinyatakan bersalah dan diputus hukuman 3,5 tahun penjara oleh Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

Susno kemudian mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Namun, pengadilan menolak upaya banding tersebut. Kecewa dengan putusan tersebut, ia melakukan upaya kasasi ke MA yang akhirnya juga ditolak. (Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.