Sukses

VIDEO: Persiapan Buruh Jelang Demo Akbar 'May Day'

Buruh di sejumlah daerah telah memperispkan diri untuk mengikuti aksi peringatan Hari Buruh pada 1 Mei besok.

Menjelang peringatan hari buruh atau Mayday, para buruh mempersiapkan berbagai atribut untuk aksi unjuk rasa. Salah satu tuntutan yang akan diusung dalam aksi unjuk rasa pada 1 Mei itu adalah menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

Liputan 6 SCTV, Selasa (30/4/2013) memberitakan, kesibukan untuk memperiapkan aksi unjuk rasa telah terlihat di sekretariat sebuah organisasi buruh di Cimahi, Jawa Barat. Persiapan itu telah dilakukan sejak beberapa hari terakhir. Sejumlah atribut yang disiapkan mulai poster, spanduk, dan simbol-simbol. Diperkirakan, sekitar 1.500 buruh akan beraksidi Cimahi.

Sementara, para buruh di Tangerang, Banten, juga telah mempersiapkan aksi mereka yang akan digelar di Ibukota Jakarta. Sejak pagi, para buruh bergotong-royong membuat perangkat aksi. Selain poster dan pamflet, para buruh juga meyiapkan helm untuk melindungi diri jika terjadi bentrokan. Diperkirakan 20 ribu buruh akan bergerak dari Tangerang menuju Istana Merdeka saat Mayday.

Pada 1 Mei besok, polisi akan menerjunkan 23 ribu personel untuk mengamankan ibukota. Polda Metro Jaya juga mempersiapkan skema pengalihan arus lalu lintas. Diperkirakan akan ada 3 titik pusat demo dan pengalihan lalu lintas akan dilakukan di 41 titik di 5 wilayah DKI Jakarta. (Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.