Kapolda Sumsel Tinjau Lokasi Bentrokan di Musi Rawas

on Apr 30, 2013 at 12:25 WIB

Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Selatan Inspektur Jenderal Saud Usman Nasution mengunjungi lokasi bentrokan antara warga dan polisi di Kecamatan Muara Rupit, Kabupaten Musi Rawas, yang terjadi pada Senin 29 April malam lalu. Saud Usman ke lokasi menggunakan helikopter.

Direktur Sabhara Polda Sumsel Kombes Pol Agus P kepada wartawan di Mapolda Sumsel di Palembang, Selasa (30/4/2013), membenarkan Saud Usman sudah berangkat menuju lokasi kejadian bentrokan di Musi Rawas itu.

Telah terjadi bentrokan antara warga dan polisi di Muara Rupit. Bentrokan mengakibatkan 4 warga meninggal dan beberapa lainnya luka-luka. Berdasarkan informasi, bentrokan dipicu demonstrasi masyarakat setempat menuntut pemekaran Kabupaten Musi Rawas Utara. Mereka sempat memblokade Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) di wilayah tersebut.

Polisi yang berupaya membubarkan demo itu, ditentang warga. Pada akhirnya terjadi bentrokan. Warga juga membakar mapolsek di sana.

Menurut Kombes Agus, pihak kepolisian setempat juga menyiapkan sejumlah personel yang diperlukan untuk mengantisipasi agar permasalahan di sana tidak meluas. Sebanyak 230 personel disiapkan, bila diminta Kapolda Sumsel untuk menuju lokasi kejadian akan siap diberangkatkan.

Dia menegaskan situasi di sana sekarang ini sudah kondusif. Tapi personel polisi tetap disiagakan. Pihaknya juga menyiapkan mobil antihuru-hara.

Namun sementara ini, mengingat lokasi kejadian jauh dari Mapolda Sumsel di Palembang, pengamanan masih dibantu Polres terdekat, seperti Polres Musi Banyuasin.

Sebelumnya anggota Brimob Polda Sumsel juga telah diberangkatkan menuju ke lokasi kejadian untuk pengamanan di lokasi bentrokan.(Ant/Ais)
Suka artikel ini?

0 Comments