Sukses

Ahok: Satpol PP Harus Tegas Tapi Manusiawi

Wagub DKI Jakarta Ahok meminta kepada jajaran Satpol PP di hari jadinya yang ke-63 untuk meningkatkan kinerjanya.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama atau Ahok meminta jajaran Satpol PP di hari jadinya yang ke-63 untuk meningkatkan kinerja dalam menegakkan peraturan daerah (Perda).

Ahok menginginkan Satpol PP saat ini tampil dengan wajah lebih humanis. "Satpol PP itu harus tegas, tapi harus manusiawi. Namun kita tetap enggak akan kompromi dengan pelanggaran hukum," ujarnya usai memimpin upacara peringatan HUT ke-63 Satpol PP di lapangan Silang Monas, Selasa, (30/4/2013).

Dia mengakui sebagai petugas yang langsung turun di lapangan, tugas Satpol PP tidak ringan. Satpol PP harus mempunyai solusi dalam memecahkan masalah ketertiban umum, khususnya penertiban para pedagang kaki lima di jalan umum.

"Namanya PKL itu sederhana, berarti mereka harus dagang di tempat ramai. Jadi tempat terbaik itu kan di pinggir jalan, karena orang lewat di sana. Tapi satu sisi juga ganggu ketertiban umum," ucapnya.

"Makanya kita pilih Pak Kukuh (Kepala Satpol PP) ini. Kita bukan pilih yang orang mesti keras seperti militer, tegas tapi manusiawi," katanya.

Walau memerintahkan untuk bersikap humanis, namun Ahok mengatakan pihaknya tetap akan menindak tegas bagi para PKL yang membandel bila dilakukan penertiban.

"Kalau kita minta pindah, kita carikan tempat lain. Tapi kalau yang bandel, kita harus gusur. Kita mesti tegas. Jadi enggak ada pembagian-pembagian segala macam. Kalau enggak begitu Jakarta akan menjadi kumuh," tegas Ahok. (Frd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.