by Rizki Gunawan

2 Rudal 'Serang' Pesawat Rusia di Langit Suriah

  • Internasional
  • 0
  • 30 Apr 2013 10:07

Negeri Suriah masih menjadi zona merah. Pertempuran antara militer pemerintah dan pasukan pemberontak terus bergolak. Bom dan rudal masih berkeliaran di negara Timur Tengah itu. Bahkan sempat menyasar ke pesawat negara lain.

Seperti yang terjadi baru-baru ini. 2 Rudal meluncur seolah menyerang pesawat Rusia yang tengah terbang melintasi langit Suriah. Untung saja, pilot pesawat Rusia berhasil membelokkan pesawat untuk menghindar dari roket. 159 Orang penumpang di dalamnya selamat.

"Diinformasikan kelompok tak dikenal pada Senin pagi melucurkan 2 misil yang meledak dan hampir mengenai pesawat maskapai Rusia," demikian pernyataan sumber Suriah yang dimuat News.com.au, Selasa (30/4/2013).

"Kru berhasil mengendalikan pesawat dengan tepat dan menyelamatkan para penumpang," sambung sumber tersebut.

Pesawat Rusia itu diketahui tengah terbang dari sebuah resor di Mesir menuju Rusia. Pihak maskapai penerbangan Rusia mengakui adanya tanda-tanda bahaya ketika mengarungi langit Suriah.

"Tanda-tanda pertempuran terlihat saat kami terbang," ujar petugas maskapai yang tak disebutkan namanya.

Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan, pihaknya telah meminta pihak Suriah untuk menjelaskan insiden tersebut. "Kami telah mengambil langkah darurat untuk memperjelas semuanya," demikian pernyataan Kemenlu Rusia.

Rusia yang merupakan salah satu sekutu Presiden Suriah Bashar al-Assad dengan tegas menentang intervensi asing di Suriah -- yang disebut-sebut sebagai pihak yang memanaskan suasana dalam perang saudara Suriah. (Riz)

Comments
Sign in to post a comment