Sukses

Soal Caleg Ganda, Hanura: KPU Seharusnya Coret Mereka

Ini menandakan yang bersangkutan lebih mementingkan kepentingan pribadi untuk mendapatkan kekuasaan daripada etika berpartai

Dalam daftar caleg sementara (DCS) yang diserahkan ke KPU, sejumlah nama ditemukan muncul di dua partai berbeda.

Menurut Ketua DPP Partai Hanura Saleh Husin, seharusnya KPU mencoret saja bacaleg yang mendaftar di dua partai itu.

"Sebab, baru menjadi bacaleg saja sudah tidak jujur apalagi ketika menjadi anggota dewan. Ini menandakan yang bersangkutan lebih mementingkan kepentingan pribadi untuk mendapatkan kekuasaan daripada etika berpartai," katanya saat dihubungi Liputan6.com, Selasa (30/4/2013).

Lebih jauh, Saleh mengatakan, teman-teman panitia seleksi di Hanura akan mencoret nama tersebut dari daftar tanpa ada ampun. "Ini juga bisa dipidanakan karena unsur pembohongan. Tapi itu biar kawan-kawan bagian hukum di DPP yang bisa menerjemahkannya bila ini akan dibawa ke ranah hukum," ujar Saleh.

Sejauh ini, KPU masih memverifikasi daftar caleg sementara parpol peserta Pemilu 2014. Hasilnya, KPU sudah menemukan 17 caleg DPR ganda. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.