Sukses

VIDEO: Hari Tari Sedunia, Solo Gelar Menari 24 Jam Non Stop

Untuk memperingati hari tari sedunia, dirayakan warga Solo, Jawa Tengah, dengan menari selama 24 jam non stop. Bagaimana kemeriahannya?

Untuk memperingati Hari Tari Sedunia yang jatuh pada 29 April setiap tahunnya, warga Solo, Jawa Tengah, menggelar acara menari 24 jam non stop. Semua tarian dapat dibawakan dalam ajang yang diikuti ribuan peserta tersebut.

Tayangan Liputan 6 SCTV, Selasa (30/4/2013) memberitakan, tepat pukul 06.00 WIB Senin 29 April kemarin, seorang penari senior Wahyu Santoso Prabowo membuka acara yang bertajuk "Solo Menari 24 jam" dengan tarian jawa klasik. Tak lama setelah itu, sekitar 500 penari lain mengikuti tariannya.

Selain itu, Institut Seni Indonesi juga menggelar ajang yang sama untuk memperingati Hari Tari Sedunia.

Tak ada batasan umur maupun tarian khusus dalam acara tersebut. Acara ini terbuka untuk umum yang mencintai gerak tari. Tarian klasik ataupun kontemporer hingga modern bisa dibawakan sendiri atau berkelompok dalam acara tersebut.

Sejumlah pemuda yang tergabung dalam komunitas fotografer dan seniman di Sukoharjo, Jawa Tengah, juga menggelar aksi menari di tengah jalan dengan membawa poster dengan tema stop pelecehan penari. Tak hanya menari, sebagai bentuk peringatan hari tari ke-7 itu, komunitas fotografi juga saling melakukan sesi pemotretan.

Diharapkan dengan peringatan ini, kesenian tradisional terutama seni tari dapat berkembang dan dicintai masyarakat dan remaja yang saat ini perlahan sudah mulai ditinggalkan.

Tak hanya di Solo, Sejumlah cara juga dilakukan puluhan penari di Boyolali, Jawa Tengah, untuk memperingati hari tari tersebut. Mereka menggelar pentas di selasar pintu masuk Bandara Udara Adi Sumarmo untuk menyambut penumpang. Pentas tari di lokasi bandara yang baru pertama kali dilakukan ini dilakukan untuk memperingati hari tari dan bisa menjadi identitas budaya di setiap bandara di Indonesia.(Yog/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini