Sukses

VIDEO: Tolak Kenaikan BBM, Mahasiswa Gelar Ragam Aksi

Rencana pemerintah menaikkan harga BBM disambut sejumlah aksi dari mahasiswa di berbagai daerah Tanah Air.

Rencana pemerintah menaikkan harga BBM disambut sejumlah aksi dari mahasiswa di berbagai daerah Tanah Air. Mulai dari tidur di jalan, membagikan selebaran, sampai menyantap batu.

Dalam tayangan Liputan 6 SCTV, sejumlah mahasiswa di Karawang, Jawa Barat, berunjuk rasa menolak kenaikan harga BBM, Senin (29/4/2013). Mereka menilai kebijakan ini menyengsarakan masyarakat. Kordinator aksi Dede Sopian mengatakan pemerintah tak bisa menjadikan subsidi sebagai alasan menaikan harga BBM ini.

Tak hanya di pulang Jawa, penolakan kenaikan harga BBM juga bergejolak di Pulau Makassar, Sulawesi Selatan. Mahasiswa dari Universitas Negeri Islam Alauddin Makassar berjalan dari depan kampus ke Gedung DPRD setempat sambil berteatrikal tentang kepedihan yang dirasakan masyarakat jika pemerintah menaikkan harga BBM,

Dalam aksi teaktrikal itu, mahasiswa mendorong motor, drum, mengusung berbagai alat masak dan sembilan bahan pokok sebagai sikap kritis terhadap dampak kebijakan itu.

Untuk menghindari aksi anarkis menjelang kenaikan harga BBM, Depo Pertamina dan gudang tempat penyimpangan bahan bakar minyak di Makassar dijaga aparat TNI dan polisi.

TNI dan polisi mendirikan tenda menginap mengantisipasi terjadinya gangguan. Seluruh stasiun BBM umum di Makassar juga dijaga ketat 6 anggota TNI dan polisi.(Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.