Sukses

Susno Muncul di YouTube, Kejagung Gerak Cepat Eksekusi

Setelah hampir sepekan menghilang, Komjen Pol Purn Susno Duadji hadir dalam tayangan video yang diunggah di laman YouTube. Kejaksaan seperti menemukan jalan untuk kembali mengeksekusi Susno secepatnya.

Setelah hampir sepekan menghilang, terpidana kasus korupsi Susno Duadji hadir dalam tayangan video yang diunggah pada laman YouTube. Dalam tayangan berdurasi 15 menit 34 detik itu, bakal calon anggota legislatif (bacaleg) dari Partai Bulan Bintang (PBB) ini mengaku berada di daerah pemilihan (dapil)-nya yakni Jawa Barat (Jabar) I.

Dengan pengakuannya tersebut, pihak Kejaksaan seperti menemukan jalan untuk kembali secepatnya melakukan eksekusi terhadap Susno. "Tim bergerak dan secepatnya eksekusi," kata Wakil Jaksa Agung Darmono kepada wartawan di Kejaksaan Agung, Jakarta, Senin (29/4/2013).

Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memvonis Susno Duadji dengan hukuman 3,5 tahun penjara. Jenderal bintang 3 itu dinyatakan terbukti melakukan korupsi dalam penanganan perkara PT Salmah Arowana Lestari dan dana pengamanan Pilkada Jawa Barat. Selain vonis 3,5 tahun penjara, mantan Kabareskrim Polri itu juga harus membayar denda Rp 200 juta subsider 4 bulan penjara. Susno pun diharuskan mengganti kerugian negara sebesar Rp 4,2 miliar.

Namun, mantan Kapolda Jawa Barat itu tak kunjung mau dieksekusi. Sudah 3 kali kejaksaan memanggilnya, tapi Susno selalu menghindar. Bahkan, saat hendak dieksekusi di rumahnya di kawasan Dago, Bandung, Jawa Barat, oleh Kejaksaan beberapa waktu lalu, Susno meminta dan mendapat perlindungan Polda Jawa Barat. Susno beralasan, tidak ada perintah eksekusi dalam putusan kasasi Mahkamah Agung (MA)

Selain mengatakan posisinya saat ini, dalam video yang diunggah oleh akun bernama Yohana Celia di laman Youtube.com tertera video itu di-publish pada hari ini, Senin 29 April 2013, Susno mengaku dalam kondisi sehat. "Saya, Susno Duadji sedang dalam keadaan sehat walafiat," ujarnya.

"Saya berada di daerah pemilihan saya di dapil I Jawa Barat. Jadi tidak benar saya hilang, tidak ada rimbanya, apalagi kalau dikatakan saya melarikan diri. Saya tidak lari dari tanggung jawab," tegas Susno. (Yog/Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini