Sukses

Buron, Susno Dikawal 30 Bodyguard

Sebagai bakal calon anggota DPR dari Partai Bulan Bintang, Susno mendatangi calon pemilihnya yang berada di Bandung.

Mantan Kepala Badan Reserse dan Kriminal Mabes Polri Komisaris Jenderal (Purn) Susno Duadji kini resmi masuk daftar buronan. Susno dicari karena terus mengelak dieksekusi untuk menjalani hukuman 3,5 tahun penjara.

Pihak pengacara Susno, mengaku kliennya saat ini masih berada di Bandung. Sebagai bakal calon anggota DPR dari Partai Bulan Bintang, Susno mendatangi calon pemilihnya yang berada di Bandung.

"Beliau sosialisasi program-programnya di Bandung," kata pengacara Susno, Fredrich Yunadi, saat dihubungi Liputan6.com, Senin (29/4/2013).

Fredrich mengakui, selama berada di Bandung, Susno pun dijaga oleh para pengawalnya. "Ada 30 orang yang menjaga dia, rakyatnya pun melindungi beliau," ujarnya.

Meski demikian, Fredrich mengaku juga mengalami kesulitan berkomunikasi dengan kliennya itu. "Beliau pun sulit ditemui, saya hanya diberitahukan orangnya dia saja beliau ada dimana," ujarnya.

Seperti diketahui, Susno divonis Pengadilan Negeri Jakarta Selatan selama 3,5 tahun penjara dan harus mengganti kerugian negara Rp 4,2 miliar. Susno dinyatakan terbukti bersalah karena menerima suap saat menangani perkara PT Salmah Arowana Lestari dan kasus korupsi dana pengamanan Pilkada Jawa Barat 2008.

Susno kemudian mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Namun, pengadilan menolak upaya banding tersebut. Kecewa dengan putusan tersebut, ia melakukan upaya kasasi ke MA yang akhirnya juga ditolak.

Jaksa berulang kali gagal mengeksekusi Susno. Sebab, Susno selalu beralasan sudah menjalani putusan MA dengan membayar biaya perkara Rp 2.500. Selain itu, putusan MA tidak menyebutkan perintah penahanan. (Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini