Sukses

Peringati May Day, 30 Ribu Buruh Siap Kepung Batam

Massa yang turun ke jalan itu berasal dari 3 aliansi.

Sekitar 30.000 orang buruh rencananya akan berunjuk rasa memperingati Hari Buruh Dunia atau May Day pada 1 Mei mendatang. Massa yang turun ke jalan itu berasal dari 3 aliansi.

"Kami mengerahkan 25.000 sampai 30.000 buruh dari tiga aliansi pada May Day," kata Koordinator Garda Metal Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia Kota Batam Suprapto, Senin (29/4/2013).

Tiga aliansi pekerja Batam, SPMI, Serikat Buruh Seluruh Indonesia, dan Serikat Pekerja Seluruh Indonesia bersatu dalam aksi May Day di Kantor Pemerintah Kota Batam. "Sesuai instruksi dari pusat, maka seluruh kekuatan pekerja diarahkan dalam unjuk rasa," ujar Suprapto.

Dalam aksi itu akan ada 5 tuntutan yang akan disampaikan. Yaitu menolak kenaikan harga BBM, memberlakukan jaminan kesehatan untuk seluruh warga Indonesia, menolak upah murah, menghapus outsourcing dan menolak RUU Ormas.

Sementara itu, Kepolisian Daerah Kepulauan Riau mengadakan rapat koordinasi khusus dalam mengamankan hari Buruh Sedunia dan antisipasi konflik sosial.

Warga Batam, Sofian berharap aksi buruh berlangsung damai. "Kami paham setiap tahun ada May Day, tapi kami harap, aksi dilakukan damai, tidak pakai rusuh-rusuh," ungkap Sofian.  (Ant/Frd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini