Sukses

VIDEO: Sungai Aek Mata Meluap, Warga Kebanjiran

Tak hanya rumah rusak dan kerugian harta benda, banjir deras akibat luapan Sungai Aek Mata yang naik tiba-tiba itu juga menyisakan trauma.

Banjir yang melanda Kota Panyabungan Mandailing Natal Sumatera Utara menyisakan kepedihan bagi warga. Tak hanya rumah rusak dan kerugian harta benda, banjir deras akibat luapan Sungai Aek Mata yang naik tiba-tiba itu juga menyisakan trauma.

Pantauan Liputan 6 SCTV Senin (28/4/2013), air di Sungai Aek Mata memang sudah surut namun kerusakan di sekelilingnya membuat warga sedih dan hanya bisa pasrah. Pengungsi korban banjir untuk sementara ditampung di bangunan Sekolah Dasar (SD) di Kota Panyabungan, hanya beralaskan tikar dan membawa pakaian di badan. Aktivitas di sekolah pun lumpuh, karena tak ada tempat lagi bagi para siswa untuk belajar.

10 Rumah warga yang ada di tepi sungai rusak parah, harta benda tak terselamatkan karena saat air bah datang warga hanya terpikir untuk menyelamatkan diri.

Hujan deras mengakibatkan Sungai Aek Mata meluap pada Minggu sore, lalu dengan derasnya air itu membanjiri pemukiman warga hingga ke jalan raya kota.

Warga yang panik pun berhamburan ke luar rumah, banjir setinggi setengah meter itu langsung membuat jalan raya lumpuh. Warga pun hanya bisa berjalan kaki untuk menyelamatkan diri menjauh dari sungai yang tengah meluap.

Anak-anak, wanita hamil, semuanya dievakuasi ke lokasi yang lebih aman. Namun harta benda tak sempat terselamatkan. Banjir yang melanda Panyabungan itu adalah banjir terparah sejak 17 tahun terakhir. Tercatat 3 kelurahan terendam luapan Sungai Aek Mata. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini