Sukses

Dahsyat! Setelah Banjir, Kota di Arab Saudi Diselimuti Salju?

Orang-orang memposting gambar di Twitter dan jejaring sosial lainnya, menunjukkan salju turun, bahkan menumpuk di Hael.

Cuaca tak menentu selama tiga hari berturut-turut melanda kota Hael, di barat laut Arab Saudi. Setelah diterjang banjir, kini dikabarkan giliran salju menyelimuti.

Seperti dimuat situs Al Arabiya (28/4/2013), orang-orang memposting gambar di Twitter dan jejaring sosial lainnya, menunjukkan salju turun, bahkan menumpuk di Hael.

Agak berbeda, video yang diposting secara online dan disiarkan Al Arabiya TV menunjukkan sekelompok pria membentuk rantai manusia, untuk menolong orang-orang yang terjebak banjir.

Sejumlah provinsi di seantero kerajaan juga dilaporkan mengalami banjir dan hujan es, saat suhu menurun drastis.

Sabtu lalu pihak Kementerian Pendidikan kepada Arabiya mengatakan, sekolah-sekolah di lima provinsi berbeda di Arab Saudi ditutup sementara akibat kondisi cuaca buruk. Yakni di Quwaiyiah, Dawadmi, Hota, Hariq, dan Kharj.

Hujan deras dan banjir membuat pemerintah bersiaga penuh selama beberapa hari terakhir.

Sebelumnya, foto dua  pria bergantung di sebatang pohon, sementara di bawah mereka air mengalir begitu deras, menyebar di jagad maya. Menggambarkan parahnya banjir yang melanda.

Untung saja, pohon tenpat dua pria itu bergantung nyawa itu tak ikut hanyut. Badan pertahanan sipil Arab Saudi juga segera datang untuk menyelamatkan mereka.

"Operasi penyelamatan dua pria tersebut sukses. Petugas pertahanan sipil datang tepat pada waktunya," kata Kapten Abdulraham Al-Juhni kepada Al Arabiya, Minggu (28/4/2013).

Sementara, pihak pertahanan sipil di Hael mengatakan, sejauh ini telah menyelamatkan 9 perempuan dan 30 pria. Mereka juga menerima 3.000 panggilan darurat di seluruh negeri, pasca hujan deras mengakibatkan banjir di sejumlah titik.

Di ibukota Riyadh, dilaporkan sejumlah kecelakaan lalu lintas dan lima kasus terkait listrik. Namun, tak ada korban luka apalagi korban jiwa yang dilaporkan. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini