Sukses

VIDEO: Pertama di Swedia! Masjid 'Lantang' Kumandangkan Azan

Masjid Fittja di Stockholm, Swedia menyiarkan azan menggunakan pengeras suara, untuk pertama kalinya.

Untuk pertama kalinya, suara azan bergema luas di Swedia. Adalah Masjid Fittja di Stockholm, Swedia, yang menyiarkan azan menggunakan pengeras suara.

Seperti dimuat Kantor Berita Turki Cihan, Sabtu (27/4/2013), Dewan Kotapraja Botkyrka di Stockholm, Swedia, menyetujui permohonan pusat budaya Islam untuk mengumandangkan azan melalui pengeras suara di Masjid Fittja. Inilah kali pertama azan disiarkan melalui pengeras suara di menara masjid itu pada Jumat 26 April 2013 kemarin.

Pusat Kebudayaan Islam Botkyrka telah menerima persetujuan dewan kotapara itu akhir Februari lalu. Dan mulai menyiarkan azan berpengeras suara pertama baru-baru ini.

Setelah persiapan teknis dirampungkan, azan pertama disiarkan. Sejumlah besar warga Muslim berduyun-duyun ke masjid itu untuk menyaksikan peristiwa yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Ketua Masjid Fittja Ismail Okur menyatakan terimakasih kepada Pemerintah Kotapraja atas dikabulkannya permohonan mereka itu. Menurut dia, banyak jamaah sudah lama tak mendengar suara azan melalui pengeras suara seperti di negara-negara asal mereka.

"Penyiaran azan pertama dimaksudkan untuk percobaan. Kepala Direktorat Urusan Agama, Meehmet Gormez, akan datang ke masjid kami pekan depan untuk merayakan pekan kelahiran suci," kata Okur.

Sebelumnya warga keturunan Turki menyelenggarakan "Kutlu Do`um Haftas" (pekan kelahiran suci) untuk merayakan maulid Nabi Muhammad dalam 1 pekan pada April ini. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini