VIDEO: Pertama di Swedia! Masjid 'Lantang' Kumandangkan Azan

  • Internasional
  • 0
  • 28 Apr 2013 05:00

swedia-masjid130428a.jpg

Untuk pertama kalinya, suara azan bergema luas di Swedia. Adalah Masjid Fittja di Stockholm, Swedia, yang menyiarkan azan menggunakan pengeras suara.

Seperti dimuat Kantor Berita Turki Cihan, Sabtu (27/4/2013), Dewan Kotapraja Botkyrka di Stockholm, Swedia, menyetujui permohonan pusat budaya Islam untuk mengumandangkan azan melalui pengeras suara di Masjid Fittja. Inilah kali pertama azan disiarkan melalui pengeras suara di menara masjid itu pada Jumat 26 April 2013 kemarin.

Pusat Kebudayaan Islam Botkyrka telah menerima persetujuan dewan kotapara itu akhir Februari lalu. Dan mulai menyiarkan azan berpengeras suara pertama baru-baru ini.

Setelah persiapan teknis dirampungkan, azan pertama disiarkan. Sejumlah besar warga Muslim berduyun-duyun ke masjid itu untuk menyaksikan peristiwa yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Ketua Masjid Fittja Ismail Okur menyatakan terimakasih kepada Pemerintah Kotapraja atas dikabulkannya permohonan mereka itu. Menurut dia, banyak jamaah sudah lama tak mendengar suara azan melalui pengeras suara seperti di negara-negara asal mereka.

"Penyiaran azan pertama dimaksudkan untuk percobaan. Kepala Direktorat Urusan Agama, Meehmet Gormez, akan datang ke masjid kami pekan depan untuk merayakan pekan kelahiran suci," kata Okur.

Sebelumnya warga keturunan Turki menyelenggarakan "Kutlu Do`um Haftas" (pekan kelahiran suci) untuk merayakan maulid Nabi Muhammad dalam 1 pekan pada April ini. (Riz)

Like this article?

0 likes & 0 dislikes


Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler