Polda Jabar Bantah Kabar Penggantian Kapolda

  • Peristiwa
  • 0
  • 26 Apr 2013 21:47
Kabar akan dicopotnya Kapolda Jawa Barat Inspektur Jenderal Tubagus Angkawijaya terkait dugaan perlindungan yang diberikan kepada Susno Duadji, dibantah Polda Jabar. Disebutkan, saat ini pun Tubagus masih menjalankan tugasnya sebagai Kapolda Jabar.

"Enggak ada itu, jangan berspekulasi, apalagi suudzon dan mengarah ke fitnah, dosa. Saat ini Kapolda sedang membahas tentang pengamanan peringatan May Day," jelas Wakil Kapolda Jabar, Brigadir Jenderal Rycko Amelza, di Bandung, Jabar, Jumat (26/4/2013).

Namun, Rycko tak membantah tentang kedatangan petugas Divisi Profesi dan Pengamanan (Propam) Mabes Polri memeriksa Tubagus. "Kemarin itu menanyakan tentang kronologisnya sejak dari lokasi di Dago Pakar sampai dengan ke Polda, sampai dengan proses perundingan dengan pengacaranya (Susno Duadji), menanyakan proses itu," kata Rycko.

Dalam pemeriksaan tersebut, lanjutnya, Polda Jabar menjelaskan kejadian proses eksekusi terhadap Susno yang dilakukan oleh tim gabungan dari Kejati DKI Jakarta, Kejati Jabar, dan Kejari Bandung. "Kami menjelaskan seperti kejadian kemarin, apa yang terjadi kita sampaikan," katanya.

Pihaknya juga membantah tudingan pihak-pihak tertentu yang menyatakan Polda Jabar melindungi Susno Duadji. "Biasa tudingan miring, tapi kan kita punya penjelasan. Kemarin itu sesungguhnya Pak Kapolda itu dimintai bantuan, dimintai menjadi fasilitator," katanya.

Kapolda, kata dia, sebenarnya sudah menolak, akan tetapi pengacara Susno dan tim gabungan dari kejaksaan ingin berunding di Mapolda Jabar. "Kita fasilitasi untuk berunding. Kita tidak ingin ada benturan yang mengarah kepada anarkis. Sesuai laporan kemarin ada potensi itu. Kemudian kedua belah pihak minta tempat di Polda," katanya.(Ant/Ado)
      

Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler