Sukses

KPK Cek Pengakuan Zulkarnaen Soal Priyo Budi Santoso

Johan mengatakan, meski begitu, validasi juga tak hanya memeriksa Priyo semata, melainkan juga terhadap pihak lain.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan akan mengecek munculnya nama Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso yang disebut Zulkarnaen Djabbar, terdakwa korupsi Alquran di Kementerian Agama.

"Pengakuan itu tentu akan divalidasi, apakah itu bernilai benar," kata Johan.

Johan mengatakan, meski begitu, validasi juga tak hanya memeriksa Priyo semata, melainkan juga terhadap pihak lain.

Untuk diketahui, dalam persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kamis (26/4/2013), inisial PBS muncul saat Jaksa Penuntut Umum (JPU) dari KPK memutar rekaman pembicaraan telepon Zulkarnaen Djabar yang menjadi terdakwa dalam perkara itu.

Pada persidangan yang dipimpin Hakim Ketua, Afiantara, jaksa memutar sadapan pembicaraan telepon antara Zulkarnaen Djabar dengan Fahd A Rafiq pada 1 Agustus 2011. Dalam sadapan itu, Fahd menanyakan jatah untuk Priyo dari proyek di Kemenag itu.

"Bang, yang punya PBS aman?" tanya Fadh ke Zulkarnen yang langsung dijawab "Oh, Aman. Saya kan bolak balik terus kontrol."

Hal itu semakin menguatkan indikasi keterlibatan Priyo. Pasalnya, polisi Golkar itu juga disebut terang dalam dakwaan Zulkarnaen Djabar dan Dendy Prasetya. Namun, belakangan, Fahd saat bersaksi mengaku hanya mencatut nama Priyo. (Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini