Wajah 20 Finalis Miss Korea 2013 Kok Serupa... Operasi Plastik?

  • Internasional
  • 0
  • 26 Apr 2013 02:01
Tak ada satupun dari 20 finalis Miss Korea 2013 yang jelek. Pastinya! Tubuh langsing tinggi semampai, kulit putih, wajah ayu, hidung mancung, mata lebar, dan senyum menawan dengan gigi-gigi putih terawat yang terlihat di sela bibir. Namun, jika diperhatikan dengan seksama, lho kok wajah-wajah mereka serupa?

Saat foto-foto calon ratu kecantikan yang diunggah di internet menuai kontroversi. Sejumlah orang menduga, prosedur operasi plastik lah yang membuat para gadis itu tak berbeda jauh satu sama lain.



Pengguna Reddit, ShenTheWise, yang menggunggah foto itu menduga, para finalis Miss Korea menjalani prosedur operasi sama.

"Kekacauan operasi plastik Korea akhirnya terkuak, lewat wajah-wajah yang sama," kata dia, seperti dimuat Daily Mail (25/4/2013).

Posting itu menuai lebih dari 3.000 komentar, saling memperdebatkan manfaat operasi plastik.

Pengguna Reddit yang lain, HotBrownie yang mengaku berasal dari Seoul mengatakan, "Perempuan-perempuan ini nyatanya memang terlihat mirip, dan ya, orang-orang Korea juga berpikiran sama."

"Ini yang disebut 'wajah plastik Korea'. Di area tertentu di Seoul, Anda akan berpikir semua perempuan di sana bersaudara, karena mereka terlihat sangat mirip karena menjalani prosedur operasi serupa.




Dia menambahkan, operasi plastik menghilangkan keunikan dan ciri pribadi seseorang. Pada dasarnya, wajah asli perempuan Korea cantik, tak perlu operasi plastik. Namun, menasehati mereka ibarat berteriak ke tembok. "Mereka tak akan percaya, terlanjur dicuci otak untuk perpikir figur Barat superior."

Pengguna lainnya, Forevertraveling menambahkan, "aku tinggal di Korea dan perempuan-perempuan yang lebih tua mengeluhkan gadis-gadis yang tak lagi berwajah Korea akibat operasi plastik," kata dia. "Gadis-gadis di sini menganggap operasi mata hanya seperti berdandan."

Kontes kecantikan Korsel memicu kontroversi tahun lalu saat foto pemenangnya, Kim Yu-mi, sebelum menjalanin operasi plastik beredar. Kemenangannya dinilai tak adil.

Mahasiswi itu akhirnya mengakui ia melakukan operasi plastik, namun bersikukuh ia tak membohongi siapapun. "Aku tak pernah bilang terlahir cantik," dalihnya.

Obsesi Massal
 
Sudah jadi rahasia umum, obsesi memiliki wajah sempurna membuat para perempuan Korea Selatan tak segan-segan menguras kocek dan menjalani prosediur  operasi plastik yang menyakitkan. Tak hanya kaum hawa, tapi juga para prianya.




Jumlah operasi plastik yang dilakukan di Korsel bahkan jauh melampaui negara-negara lain. Dari setiap 77 orang, satu di antaranya pernah menjalani operasi plastik. Mayoritas dilakukan di usia 19-49 tahun.

Tahun lalu 20 persen dari perempuan berusia 19-49 tahun mengaku pernah melakukannya. Yang paling populer adalah membuat mata mereka terlihat lebih lebar.

Kebangkitan industri hiburan negara itu juga jadi faktor pendorong. Peminat operasi plastik cukup membawa foto idola mereka ke dokter, meniru mata atau hidung mereka.

Keinginan untuk tampil lebih "Barat" yang didorong gaya hidup kaum selebritis dituding membuat operasi plastik populer, terutama di kalangan muda.

Penyanyi Psy yang lagunya, "Gangnam Style" merajai tangga lagu dunia mengaku, perusahaan rekamannya pernah memintanya operasi plastik. (Ein)


Credit: Ein

Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler