Sukses

VIDEO: Sidak Kebocoran Kunci Jawaban UN SMP di Tegal

Wakil Walikota Habib Zainal meminta polisi mengusut kebocoran kunci jawaban UN di SMPN 14 tegal.

Wakil Walikota Tegal Habib Ali Zaenal Abidin dan Kepala Dinas Pendidikan Titik Andarwati melakukan inspeksi mendadak ke SMP Negeri 14 Tegal, Jawa Tengah. Sidak ini dilakukan karena beredar foto copy lembar jawaban Ujian Nasional (UN) di sekolah tersebut.

Liputan 6 SCTV, Kamis (25/4/2013), mereka meminta keterangan dari pihak sekolah. Ali Zaenal juga meminta polisi untuk mengusut penyebar kunci jawaban itu. Namun Kepala SMP N 14 membantah kunci jawaban itu beredar di sekolahnya.

Kepala Dinas Pendidikan Titik Andarwati mengklaim Dinas Pendidikan Tegal sudah maksimal melakukan pengawasan dalam distribusi soal. "Tidak ada niatan membuka amplop dan membocorkannya," kata Titik.

Sementara, pelaksanaan UN pada hari terakhir di sejumlah SMP swasta di Jakarta berlangsung lancar. Tidak ditemukan masalah kurangnya lembaran soal maupun lembar jawaban.

Di SMP Tarakanita 3 Jakarta bahkan seluruh siswa bisa hadir mengikuti ujian. Usai ujian, tidak ada siswa yang coret-coret baju, mereka justru berdoa bersama. Hal yang sama juga ditemui di SMP Al Azhar 4 Jakarta. (Eks)

Sedangkan, para siswa SMP berkebutuhan khusus juga turut mengikuti jalannya UN hingga hari terakhir ini. Di SMP YPAC Solo, sebanyak 8 siswa berkebutuhan khusus mengikuti UN dengan lancar. Mereka dibantu pengawas untuk memahami soal. (Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini