Sukses

Resep Sate Padang Ala Sumiyati

Citizen6, Bekasi: Bila kita mendengar masakan khas asal Sumatera Barat ini, pasti yang terlintas di pikiran banyak orang adalah Rendang, bukan begitu? Makanan yang satu ini memang sangat menggugah selera lidah penikmatnya. Dengan memiliki campuran rasa pedas, manis, dan gurih, makanan ini bisa membuat pencinta masakan Padang tergila-gila.

Namun selain rendang, masih ada masakan lain yang tidak kalah terkenalnya dan rasanya bisa dibilang senikmat rendang. Apakah itu? Betul, Sate Padang. Ada 3 macam variasi dalam menu yang satu ini, dan masing-masing memiliki ciri khas, yaitu Sate Padang dengan bahan dasarnya lidah sapi dan jeroan dengan bumbu kuah kacang kental ditambah cabai yang banyak sehingga pedas rasanya, Sate Padang Panjang dibedakan dengan kuah berwara kuning, dan satu lagi Sate Pariaman dengan kuahnya yang berwarna merah.

Bagi Anda yang ingin mencoba membuat masakan ini, berikut resep sate padang untuk 24 tusuk. Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah:

-    1 kg lidah sapi
-    Daun kunyit dan daun jeruk masng-masing 3 lembar
-    Lengkoas dan serai dimemarkan
-    1 sdm bumbu kari bubuk
-    Asam kandis
-    Tepung beras dan tepung kanji masing-masih 2 sdm
-    2 sdm Minyak goreng

Sedangkan untuk bumbu halusnya terdiri dari:

-    Bawang Merah 15 buah
-    Bawang Putih 7 buah
-    Cabe halus 4 sdm
-    Kunyit 4 cm
-    Jahe 4 cm
-    Merica 2 sdt
-    Garam 2 sdt

Setelah semua bumbu telah halus, tahap selanjutnya adalah cara membuatnya.

- Terlebih dahulu rebus 1 kg lidah sapi dalam air mendidih selama 7 menit, angkat, kemudian kupas kulitnya dan kerok hingga bersih. Cuci dan rebus kembali selama 1 jam dengan bubuhi garam. Setelah lidah sapi empuk tiriskan, potong lidah sapi 1x1x2 cm, pisahkan air kaldu sebanyak 600ml.
- Berikutnya, panaskan minya dalam wajan, kemudian tumis bumbu halus, masukkan daun kunyit, daun jeruk, serai, lengkoas dan bumbu kari, aduk hingga harum, angkat. Masukkan 2/3 tumisan kedalam kaldu masak di atas api dan masukkan asam kandis.
- Setelah itu, larutkan tepung kanji dan tepung beras kedalam air hingga tercampur, setelah kaldu mendidih, perlahan masukkan tepung sambil diaduk hingga adonan licin. Masak hingga mendidih sampai bau tepungnya hilang, kalau sudah kental angkat.
-  Campur potongan lidah bersama 1/3 sisa bumbu tumisan, aduk sebentar diatas api hingga bumbu dan lidah sapi merata, angkat. Tusuk lidah sapi 3-4 potong pada tusuk sate.
-  Panggang sate diatas bara api hingga 3 menit sambil dibolak balik, angkat.
-  Sate siap dihidangkan diatas piring dengan bumbu dan taburan bawang goreng.  
-  Makan selagi panas dengan ketupat.

Note: sdm = sendok makan, sdt = sendok teh.

Selamat mencoba resep sate padang! (Sumiyati Sapriasih/Mar)

Sumiyati Sapriasih yang tinggal di Perumahan Taman Narogong Indah adalah pewarta warga.

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke citizen6@liputan6.com


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.