Sukses

VIDEO: Solar Langka, Antrean Sopir Truk Mengular

Dampak kelangkaan solar di Pulau Jawa mengakibatkan para sopir truk mencari solar di Bali.

Menjelang kenaikan harga BBM bersubsidi, kelangkaan solar terjadi karena pemerintah mengurangi jatah setiap SPBU yang semula 16 ribu liter menjadi setengahnya. Lambatnya pendistribusian solar dari Pertamina pun memperparah kondisi ini.

Empat hari sudah stok solar di Kabupaten Jembrana, Bali, habis. Puluhan sopir truk pun memarkirkan kendaraannya di SPBU hingga antrean mengular. Sementara pengelola SPBU menyatakan, dampak kelangkaan solar di Pulau Jawa-lah mengakibatkan para sopir mencari solar di Bali.

Dalam tayangan Liputan 6 SCTV, Kamis (25/4/2013), beberapa daerah di pulau Jawa tercatat mengalami kelangkaan stok solar. Para sopir di Sukoharjo, Jawa Tengah, was-was dengan stok solar di kendaraan mereka.

Banyak dari para sopir ini yang mengalami kerugian karena waktu mereka habis untuk mengantre solar. Sudah mengantre panjang, pembelian solar pun dibatasi. Mereka hanya boleh membeli maksimal Rp 100 ribu. Maka tak jarang, sopir-sopir ini kerap kehabisan solar di tengah jalan.

Sementara di Sampang, Madura, Jawa Timur, sopir-sopir truk tetap mengantre di SPBU-SPBU yang kehabisan stok solar. Mereka terpaksa antre karena persediaan solar yang menipis. Padahal masih belum diketahui sampai kapan kiriman solar akan tiba. (Ndy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini