Sukses

PBB: Eksekusi Susno Duadji Politis

Susno saat ini telah menjadi calon anggota legislatif (caleg) dari partai besutan Yusril Ihza Mahendra itu.

Partai Bulan Bintang (PBB) menegaskan, eksekusi Susno Duadji oleh Kejaksaan penuh dengan unsur politik. Terlebih, Susno saat ini telah menjadi calon anggota legislatif (caleg) dari partai besutan Yusril Ihza Mahendra itu.

"Ini politis sekali," kata Sekretaris Jendral PBB, BM Wibowo ketika dihubungi di Jakarta, Rabu (24/4/2013).

Wibowo pun mempertanyakan momentum penangkapan Susno. Menurutnya, jika memang Susno terbukti bersalah secara hukum, kenapa pihak kejaksaan tidak menangkap Susno saat PBB menyerahkan daftar calon sementara caleg mereka ke KPU, Senin 22 April 2013 lalu. "Dia di KPU berjam-jam. Kenapa tidak ditangkap," tegas Wibowo.

Sehingga, lanjutnya, upaya kejaksaan menangkap Susno dirasa Wibowo merugikan citra PBB. Namun, menurut Wibowo, PBB masih belum memutuskan langkah selanjutnya terkait nasib Susno di DCS PBB.

"Merugikan secara citra," ujarnya.

Namun, Wibowo membantah tidak melakukan proses seleksi terhadap Susno. Menurutnya, PBB telah melakukan pendalaman terkait kasus hukum Susno sebelum memutuskan mencalegkan mantan Kabareskrim Mabes Polri tersebut. "Pedalaman hukum sudah dilakukan," ucapnya.

Wibowo menyatakan, Susno tidak mungkin berani maju sebagai caleg jika tidak yakin bebas dari permasalahan hukum. Menurut Wibowo, pada saat ini Ketua Majelis Syuro PBB Yusril Ihza Mahendra langsung menyambangi Susno di Bandung. "Kita masih menunggu perkembangan," pungkas Wibowo. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.