Sukses

4 Mantan Rival Jokowi Berebut Kursi DPR di Dapil DKI Jakarta

4 mantan kandidat yang dikalahkan Jokowi ini mencalonkan diri sebagai legislator untuk Pemilu 2014.

Sejumlah nama yang gagal dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Khusus Ibukota Jakarta tahun 2012 akan bertarung dalam Pemilihan Legislatif 2014. Para kandidat ini dikalahkan oleh pasangan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama dalam Pilgub 2012.

Berdasarkan data Daftar Caleg Sementara yang dikutip Liputan6.com dari laman Komisi Pemilihan Umum (KPU), Rabu (24/4/2013), setidaknya ada 4 nama mantan calon yang akan bertarung di Pemilu 2014. Terdiri dari 1 mantan calon gubernur dan 3 mantan calon wakil gubernur.

Persaingan ketat diprediksi akan terjadi di Daerah Pemilihan DKI Jakarta II. Di dapil itu, bertengger nama Hidayat Nur Wahid yang diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Biem Benyamin yang diusung Partai Gerindra. Nama Hidayat dan Biem sama-sama nangkring di nomor urut 1.

Pada Pilgub DKI 2012, Hidayat disusung PKS dan berpasangan dengan Didik J Rachbini. Sementara Biem Benjamin berpasangan dengan ekonom Faisal Basri dan maju melalui jalur independen.

Sementara itu, Didik J Rachbini juga maju sebagai caleg untuk Pemilu Legislatif 2014. Nama Didik berada di nomor urut 1 dari Partai Amanat nasional (PAN) dan akan maju di Dapil DKI Jakarta I.

Satu nama mantan kandidat lainnya yang juga maju dalam Pemilu 2014 adalah Riza Patria. Mantan pasangan Hendardji Soepandji ini diusung oleh Partai Gerindra. Riza berada di nomor urut 1 dan akan bertarung di Dapil Jakarta III. (Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.