Sukses

Gita Wirjawan dan Mahfud MD Masuk Bursa Capres PPP

PPP berencana menggelar konvensi capres pada Agustus mendatang. Sejumlah nama dimunculkan, Jusuf Kalla, Pramono Edhie Wibowo, Gita Wirjawan, sampai Mahfud MD.

Tak hanya Partai Demokrat yang menjaring calon presiden melalui mekanisme konvensi, karena Partai Persatuan Pembangunan (PPP) juga punya cara serupa untuk mendapatkan calon pemimpin Indonesia masa depan. Rencananya, PPP menggelar konvensi capres tersebut sekitar Agustus mendatang.

"Kita sedang mempersiapkan konvensi. Intinya kita ingin mendapatkan capres terbaik dari yang ada. Terkait profesionalitas dan akseptabilitas kita ingin gambaran utuh dari para capres-capres ini. Kira-kira bulan Agustus," kata Wakil Ketua Umum PPP Lukman Hakim Syarifuddin, saat ditemui di Gedung DPR/MPR, Senayan, Jakarta, Rabu (24/4/2013).

Lebih lanjut Lukman yang juga Wakil Ketua MPR ini menjelaskan, konvensi capres PPP akan diikuti kalangan eksternal partai dan sang Ketua Umum Suryadharma Ali. Untuk eksternal, partai berlambang Kabah ini telah membidik tokoh-tokoh nasional yang akan diikutsertakan, seperti Jusuf Kalla, Pramono Edhie Wibowo, Gita Wirjawan, dan Mahfud MD. "Termasuk Suryadharma Ali (Ketua Umum PPP)," jelasnya.

Lukman juga menjelaskan, konvensi ini tidak terbuka seperti yang dibayangkan, karena bukan untuk mereka yang sedang mencari kerja, melainkan untuk membidik capres yang dinilai layak oleh masyarakat. "Kita tidak terbuka sepenuhnya. Kita tidak mau jadi peluang bagi job seeker. Kita terbuka, tapi fokus terhadap orang-orang yang layak," tuturnya.

Selain itu, layak atau tidaknya seseorang mengikuti konvensi capres PPP akan dilihat oleh tim penjaringan PPP. "Jadi, partai yang mengidentifikasi nama-nama yang layak. Tentu ada kriteria," pungkasnya.(Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.