Sukses

350 Polisi Cilik Bertarung

Sekitar 350 siswa dan siswi SD kelas 3 hingga 6, yang terbagi dalam 10 Polres jajaran Polda Metro Jaya bertarung dalam lomba 'Polisi Cilik' .

Sekitar 350 siswa dan siswi SD kelas 3 hingga 6, yang terbagi dalam 10 Polres jajaran Polda Metro Jaya ikut bertarung dalam lomba 'Polisi Cilik' yang merupakan sub dari 5 program unggulan Kapolda Metro Jaya dan Direktorat Lalu Lintas.

Dalam lomba itu mereka menunjukkan berbagai gerakan, mulai dasar baris-berbaris hingga tarian koreografi yang diiring lagu populer saat ini. Di bawah sinar terik matahari, mereka semangat menjaga keharmonisan gerakan dengan wajah ceria nan tegas.

"Lomba diikuti 10 Polres," kata Wakil Direktur Lalu Lintas AKBP Sambodo yang turut hadir menyaksikan kelincahan polisi cilik di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (24/4/2013).

Menurut Kasubdit Pendidikan dan Rekayasa (Dikyasa) Direktorat Lalu Lintas AKBP Nurul Megawati, tujuan polisi cilik ini untuk membentuk putra putri bangsa agar menjadi santun, disiplin, modern, serta cerdas dalam kemampuan lalu lintas.

"Jadi mereka sejak kecil diajarin disiplin sudah tertanam dan jadi pelopor keselamatan lalu lintas dan budayakan keselamatan sebagai kebutuhan," jelas Nurul.

Nurul mengatakan, penilaian lomba ini dilakukan oleh 4 orang dari polisi dan pemda bidang pendidikan. "Penilainya dari polisi pusat pendidikan dan dinas pendidikan di DKI Jakarta," ucapnya.

Dituturkan Nurul, ada 10 kategori juara yang diperebutkan oleh para siswa, yaitu juara favorit, kreatif terbaik, kepemimpinan terbaik, kedisiplinan dan kekompakan, serta harmonisasi gerakan. Kemudian harmoni seni terbaik, keindahan penampilan, gerakan terbaik, yel-yel, dan pesan moral terbaik.

"Semuanya dinilai dan mendapatkan hadiah. Kriteria penilaian ada khusus, seperti kerapihan, gerakan, aba-aba danton. Semuanya ada nilai-nilainya," terang Nurul.

Untuk hadiahnya, kata Nurul, sejumlah piala dan piagam disiapkan bagi peserta lomba. (Frd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini