Sukses

Tak Sopan! Pendemo Topless Siram Uskup Belgia Dengan Air

Saat sedang memberikan ceramah mengenai penodaan agama, tiba-tiba Uskup Belgia mendapatkan perlakuan tak sopan dari aktivis Femen

Momen mengejutkan dialami oleh uskup asal Belgia, Andre-Joseph Leonard. Saat sedang memberikan ceramah mengenai penodaan agama (blasphemy), tiba-tiba ia mendapatkan perlakuan tak senonoh oleh sekelompok aktivis topless.

Awalnya, sekelompok perempuan yang hanya mengenakan celana jins, sepatu bot, dan bertelanjang dada merangsek masuk gereja. Mereka adalah aktivis perempuan Femen yang memprotes homofobia di Gereja Katolik. Seperti dimuat situs News.com.au, Rabu (24/4/2013), mereka langsung menyiram Uskup Leonard dengan air hingga basah kuyup, sembari meneriakkan kata-kata protes. 

Meski kaget dan basah, Uskup Leonard tak terlihat emosi. Dengan tenang, pemuka agama itu mencium botol bekas wadah air yang dipakai untuk menyiramnya.

Melihat aksi nekat para pendemo, petugas pun dengan cepat mengeluarkan sekelompok wanita topless itu dari ruangan tempat Leonard memberikan perkuliahan.

Aksi para aktivis topless yang berbasis di Kiev itu memang tengah menjadi buah bibir diberbagai media belakangan ini. Terutama saat mereka menyerukan "aksi topless sedunia" untuk membela seorang blogger Tunisia.

Tak hanya pemuka agama yang jadi sasaran protes aktivis Femen. Sebelumnya mereka juga menghadang  kedatangan Presiden Rusia, Vladimir Putin di Jerman. Ia dihadang sejumlah demonstran bertelanjang dada, dengan kata-kata cabul menghina dirinya dicat di bagian punggung para pemrotes.

Seperti dimuat Daily Mail, Senin (8/4/2013), saat itu Putin sedang bersama Kanselir Jerman, Angela Merkel mengunjungi sebuah pameran dagang di Hanover. Tiba-tiba, seorang pendemo berusaha mendorong tubuhnya ke arah Putin. Aksinya berhasil dicegah para pengawal Putin yang bertubuh kekar. Alih-alih marah, wajah Sang Presiden justru terlihat geli.

Putin menambahkan, apa yang dilakukan para aktivis Femen bukan hal baru. "Kita menjadi terbiasa dengan demo semacam ini. Aku tak melihat hal yang mengerikan."

Berbeda dengan Putin, Kanselir Angela Merkel sama sekali tidak senang. "Apa tidak bisa menyampaikan dengan cara lain," kata dia.

Demikian juga dengan pihak Kremlin. "Ini adalah hooliganisme biasa dan sayangnya terjadi di seluruh dunia, di setiap kota. Seseorang harus menghukum (mereka), "kata juru bicara Kremlin, Dmitry Pesk. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.