Sukses

76 Penumpang Lion Air Terima Uang 'Kaget' Rp 55 Juta

Bagi korban atau keluarga korban yang belum mengambil uang santunan tersebut, pihaknya meminta agar segera menghubungi manajemen Lion Air.

Sebanyak 28 penumpang pesawat Lion Air yang jatuh di Laut Bali pada 13 April 2013 menerima santunan dari pihak manajemen. Tiap penumpang mendapatkan santunan Rp 55 juta.

"Total ada 28 orang yang diberikan santunan di Bandung ini, kemarin kita di Bali sudah 46 orang dan di Jakarta dua orang," kata Direktur Service Airport Lion Air, Daniel Putut, Selasa (23/4/2013).

Ia menuturkan, setiap penumpang tersebut diberikan uang tali kasih atau santunan dari Lion Air sebesar Rp 55 juta per orangnya.

"Kami sudah memberikan lebih dari kompensasi yang seharusnya kita berikan sesuai dengan UU. Ini ada tali kasih, santunan, uang kaget atau uang syok bagi korban yang mengalami indisen dan itu terjadinya di pesawat kami," kata Daniel.

Dikatakan dia, bagi korban atau keluarga korban yang belum mengambil uang santunan tersebut, pihaknya meminta agar segera menghubungi manajemen Lion Air.

Pihaknya mengakui mendapatkan sedikit kesulitan saat hendak menghubungi korban atau keluarga korban dalam pemberian santuan tersebut.

"Kami coba hubungin semua penumpang yakni 101 orang tapi yang baru bisa dihubungi itu hanya 76 orang. Jadi sisanya susah menghubungi, mungkin saat kejadian hp mereka jatuh atau hilang. Dan mudah-mudahan dengan adanya informasi ini bisa dapat memberikan informasi yang jelas," kata dia.

Uang santunan bagi pata penumpang Lion Air tersebut, kata dia, diberikan di luar dari asuransi.

"Ini tali kasih lebih kepada santunan. Kalau berdasarkan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 77 pasal 33, kita hanya memberikan kompensansi mengenai uang tunggu bagasi yang hilang sebesar Rp 200 ribu kali tiga dan maksimal nilainya Rp 4 juta. Jadi Rp 4,6 juta, tapi kita ngak mau gitu lah," katanya.

Lion Air, lanjut Daniel, juga tidak mau ambil pusing dengan anggapan pemberian uang santunan tersebut sebagai upaya pemaksaan dari Lion Air bagi penumpang karena santunan tersebut diberikan sebelum ada hasil dari KNKT.

"Itu terserah penumpang, yang intinya kita memberikan itikad baik. Sudah selamat juga sudah syukur," katanya.

Seperti diketahui Pesawat Lion Air JT 904 jatuh di Laut Bali sebelum menyentuh landasan Bandara Ngurah Rai. 101 penumpang dan 7 awak pesawat selamat meski burung besi itu terbelah 2. (Ant/Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.