Sukses

VIDEO: 1 Dari 3 Petani Tertimbun Longsor di Garut Ditemukan

Pencarian 3 petani di Garut, Jabar, yang tertimbun longsor membuahkan hasil. Seorang petani ditemukan setelah pencarian berlangsung selama 4 hari.

Pencarian 3 petani di Garut, Jawa Barat, yang tertimbun longsor membuahkan hasil. Seorang petani ditemukan setelah pencarian berlangsung selama 4 hari.

Jenazah yang terkubur longsor bernama Elah. Jasad sang petani ditemukan dalam kondisi tertelungkup, Selasa (23/4/2013). Tim pencari baru berhasil mengangkat tubuh Elah setelah 1 jam karena tebalnya lumpur.

Tangis kesedihan keluarga menyambut kedatangan jenazah Elah di rumah duka. Pencarian terhadap 2 korban lain akan dilanjutkan hingga Sabtu depan.

Sulitnya upaya pencarian juga diakui pejabat Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Garut Iman Ali Rahman saat ditemui di lokasi pencarian. Iman mengatakan, upaya pencarian akan dibatasi hingga Sabtu mendatang.

Para petani itu tertimbun longsor dalam kejadian yang berlangsung di Kampung Puncak Lancang, Garut, Sabtu 20 April lalu. Perhutani menyatakan, lahan yang longsor diperkirakan mencapai 1,5 hektare. Administratur Kph Perhutani Kabupaten Garut M Rosmantika menampik jika pihaknya bekerja sama dengan warga untuk mengolah lahan garapan di kawasan tersebut.

Rosmantika mengaku pihak Perhutani telah melarang aktivitas berkebun dari warga di kawasan lahan milik negara tersebut, karena dinilai berbahaya. Meski demikian, menurut Rosmantika, warga tetap bersikukuh berladang di kawasan bukit pasir burung. (Ais)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.