Sukses

Twit Jokowi: 'Mencabut Kumis Harimau', Mau Tahu Artinya?

Tidak seperti biasanya, Jokowi berkicau dengan yang mengundang tanya. "Mencabut kumis Harimau."

Gubernur DKI Joko Widodo atau Jokowi melalui akun twitter-nya @jokowi_do2 mengeluarkan pernyataan yang mencuri perhatian. Tidak seperti biasanya, Jokowi berkicau dengan yang mengundang tanya.

"Butuh keberanian: mencabut kumis harimau," kata Jokowi lewat akun twitter-nya Senin kemarin (22/4). Lalu apa arti kumis Harimau yang dimaksud Jokowi?

Menurut Jokowi, dalam menyelesaikan suatu persoalan yang cukup sulit, diperlukan pemahaman yang baik dan rinci terhadap masalah yang akan dihadapinya. Pemahaman yang detail terhadap permasalahan yang akan dihadapi, kata Jokowi, misalnya dengan mengetahui kelemahan-kelemahannya.

Bila nantinya masalah itu sudah diketahui secara rinci, maka perlu dijalani dengan penuh kesabaran.

"Kalau mau nyabut bulu Harimau itu memang butuh itu. Bisa dilakukan tapi butuh ngerti kapan Harimau tidur, kapan bangun, kapan sering nggak marah. Harus diketahui dengan jelas. Kelemahan dia apa. Kita harus sabar, dilihat terus, oooo... Cabut," kata Jokowi di Balaikota DKI, Jakarta, Selasa (23/4/2013).

Lalu, apa maksud Harimau itu? "Tadi itu loh, kalau ada masalah-masalah itu." Apakah kiasan kata Harimau itu bukan ditujukan untuk seseorang? "Bukan. Kalau ada masalah-masalah besar perlu ditangani dengan cara-cara seperti itu. Dan itu butuh keberanian," jawab Jokowi. (Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini