Sukses

Kebakaran di Menteng Hanguskan 75 Rumah

Diduga, kebakaran terjadi kerena adanya arus pendek yang berasal dari salah satu rumah warga.

Sebanyak 75 rumah warga di Jalan Menteng, RT 06 RW 07, Kebon Sirih, Jakarta Pusat, ludes terbakar dini hari tadi. Tak ada korban jiwa, namun kebakaran ini diduga menimbulkan kerugian materi sekitar Rp 1,5 miliar.

Pantauan Liputan6.com, Selasa (23/4/2013), rumah-rumah warga yang terbakar sangat memprihatinkan. Material bangunan yang mayoritas terbuat dari kayu dan seng habis terbakar. Hanya pondasi batu yang tersisa. Selebihnya menjadi puing dan abu.

Saat ini warga yang menjadi korban kebakaran kembali ke puing-puing rumahnya. Mereka mengais puing-puing rumah yang terbakar untuk mencari harta mereka yang kemungkinan masih selamat. Tenda-tenda juga didirikan di sekitar lokasi untuk tempat sementara.

Api mulai melahap rumah-rumah di perkampungan padat penduduk itu sekitar pukul 02.35 WIB. Petugas dengan 28 unit mobil pemadam kebakaran butuh 3 jam untuk menjinakkan api. Si jago merah akhirnya menyerah pada pukul 05.30 WIB.

Salah satu warga Jalan Menteng Toto mengatakan api pertama kali terlihat di ujung perumahan yang terletak di RT 04. Saat itu, sebagian besar warga tengah terlelap. "Saya lagi tidur, tiba-tiba kebangun dengar suara teriakan. Lalu saya ke luar, api sudah besar di ujung," ujar Toto.

Pemadam yang tiba di lokasi kebakaran sempat kesulitan untuk menjangkau titik api karena sulitnya akses menuju perumahan yang terbakar. Satu-satunya jalan petugas pemadam harus melewati gang-gang yang lebarnya sekitar 2 meter.

"Kami menempatkan mobil di depan Jalan Menteng. Lalu selang ditarik melewati gang itu," terang Sudarno, petugas pemadam kebakaran. (Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini