Sukses

Siapkan Caleg Berkualitas, PAN Juga Ajukan Calon Non Muslim

Hal itu sekaligus untuk membuktikan bahwa PAN adalah partai terbuka, karena mereka juga telah menyiapkan caleg umat Kristiani.

Partai Amanat Nasional (PAN) menyatakan telah melakukan penyerahan berkas Daftar Calon Legislatif Sementara (DCS) ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) dihari terakhir ini, sebab proses seleksi di internal memang lebih lama dibandingkan dengan apa yang diperkirakan sebelumnya untuk hasil yang optimal.

Ketua DPP PAN Bara Hasibuan menegaskan, hasil optimal itu dimaksudkan untuk menyelesaikan masalah-masalah administratif untuk mencari bakal caleg yang berkualitas. Sekaligus membuktikan bahwa PAN adalah partai terbuka, karena mereka juga telah menyiapkan caleg umat Kristiani.

"Soal DCS ini juga menunjukkan komitmen PAN sebagai partai terbuka, contohnya di daerah yang berbasis umat kristiani, mayoritas calegnya dari tokoh-tokoh Kristen,” kata Bara kepada Liputan6.com, Jakarta, Senin (22/4/2013).

Lanjut Bara, setelah penyerahan DCS selesai ke KPU, maka PAN pun menyatakan siap bertarung melawan parpol lain pada Pemilu 2014 mendatang. Melalui DCS yang diserahkan ke KPU, juga semakin membuktikan bahwa PAN adalah partai terbuka.

"Itu semua karena kita ingin menampilkan caleg-caleg yang berkualitas," ungkap dia.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum PAN Dradjad H Wibowo mengatakan, partai berlambang 'Matahari' ini akan menonjolkan caleg perempuan di daerah pemilihan (dapil) potensialnya, yakni Jawa Tengah dan Jawa Barat. Dari 560 DCS, 208 atau 37 persen adalah caleg perempuan.

"Kuota perempuan kita sepertinya paling banyak, dan kita menempatkan banyak caleg di nomor urut 1," kata Dradjad Wibowo di KPU usai penyerahan DCS.

Dirinya menegaskan pihaknya tak kesulitan mengumpulkan caleg, utamanya caleg perempuan.

Sedangkan Ketua DPP PAN, Bima Arya mengatakan DCS yang diserahkan PAN hari ini mencerminkan tingginya regenerasi di tubuh partai berlambang matahari itu.

"Komposisi PAN banyak di bawah 40 tahun ke bawah dan tersebar rata di seluruh provinsi termasuk bali yang pertama kalinya caleg dari Bali didominasi orang Bali. PAN komitmen membawa Indonesia lebih modern," ungkap dia.

Dalam penyerahan DCS itu turut hadir Sekjen PAN, Taufiq Kurniawan, Bima Arya, Bara Hasibuan dan caleg PAN yang merupakan atlet nasioanal Yayuk Basuki. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.