Sukses

VIDEO: UN Gagal Karena Negara Lalai?

Rektor UIN Syarif Hidayatullah, Komaruddin Hidayat, menilai kegagalan penyelenggaraan UN merupakan kelalaian negara.

Kekacauan ujian nasional berlanjut pada ujian tingkat SMP, meski tak separah ujian nasional SMA. Di beberapa daerah soal terpaksa difoto kopi. Menurut pengamat, kegagalan penyelenggaraan UN ini akibat kelalaian negara.

Pelaksanaan UN di SMP Negeri Kupang Tengah, Nusa Tenggara Timur, misalnya. Para siswa terpaksa melaksanakan ujian nasional dengan menggunakan soal foto kopian. Hal ini karena naskah dan lembar jawaban asli untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia sampai hari ini tidak kunjung datang.

Penggandaan soal dilakukan pada malam hari dengan pengawalan aparat kepolisian. Pihak sekolah memperkirakan bukan hanya hari ini saja mereka terpaksa memfotokopi soal ujian.

Rektor UIN Syarif Hidayatullah, Komaruddin Hidayat, menilai kegagalan penyelenggaraan UN merupakan kelalaian negara. Padahal dana yang dikeluarkan untuk ujian nasional ini sangat besar.

"Ini emang ada kelalaian dilakukan negara. Di bawah itu emang betul banyak terjadi kebocoran, manipulasi. Bahkan ada pengawas yang memberikan jawaban. Banyak bukti yang terungkap," kata Hidayat, Senin (22/4/2013).

Kekacauan UN tingkat SMP ini memang tak separah pada tingkat SMA. Seperti penundaan ujian di 11 provinsi karena belum selesainya pencetakan dan distribusi soal, kekurangan soal, soal yang tertukar, lembar jawaban yang rusak, dan tidak ada lembar khusus untuk siswa tuna netra. (Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini