Sukses

Mendagri: 11 Daerah Otonom Baru Tak Pengaruhi Pemilu 2014

Diresmikannya daerah otonomi baru (DOB) yaitu 1 provinsi dan 10 kabupaten tidak akan memengaruhi Pemilu 2014. Karena proses sudah berjalan.

Diresmikannya daerah otonomi baru (DOB) yaitu 1 provinsi dan 10 kabupaten tidak akan memengaruhi Pemilu 2014. Karena proses sudah berjalan.

"Ini tidak ada masalah dan tidak ada pengaruhnya, ini mengikuti proses yang sudah berjalan," kata Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi di Gedung Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta, Senin (22/4/2013).

Rencananya Gamawan menyamakan program pemekaran daerah teresebut dengan program Komisi Pemilihan Umum (KPU). Serta masih menunggu proses usulan dari Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). "Segera kalau sudah prosesnya, kita tunggu saja usulan DPR, serta match-kan dengan program KPU," tambah Gamawan.

Gamawan juga menilai untuk menambah daerah pemilihan di 11 DOB itu saat Pemilu 2014, dirasa belum perlu dilakukan. "Jadi tidak ada penambahan apapun nanti begitu," jelas Gamawan.

Mendagri pada hari ini meresmikan dan melantik pejabat pelaksana tugas 11 daerah hasil pemekaran tersebut antara lain Kalimantan Utara, Kabupaten Pangandaran (Jawa Barat), Kabupaten Pesisir Barat (Lampung), Kabupaten Manokwari Selatan (Papua Barat).

Ada pula Kabupaten Pegunungan Arfak (Papua Barat), Kabupaten Mahakam Ulu (Kalimantan Timur), Kabupaten Malaka (Nusa Tenggara Timur), Kabupaten Banggai Laut (Sulawesi Tengah), Kabupaten Pulau Taliabu (Maluku Utara), Kabupaten Penukal Abab Pematang Hilir (Sumatera Selatan), dan Kabupaten Kolaka Timur.(Ais)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.